facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masih Ada Wisatawan Belum Vaksin Booster, Pemkot Jogja Sediakan Posko Vaksin di Abu Bakar Ali dan Titik Nol

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Kamis, 05 Mei 2022 | 21:15 WIB

Masih Ada Wisatawan Belum Vaksin Booster, Pemkot Jogja Sediakan Posko Vaksin di Abu Bakar Ali dan Titik Nol
Sejumlah wisatawan dan warga beraktivitas di sekitar Malioboro, Kota Jogja, Kamis (5/5/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Terdapat Posko Abu Bakar Ali dan Posko Titik Nol untuk pelaksanaan vaksin selama masa libur Lebaran kali ini.

SuaraJogja.id - Pemkot Yogyakarta tetap membuka layanan vaksin selama masyarakat dan wisatawan berlibur ke Jogja. Hal itu menyusul masih adanya beberapa wisatawan yang belum melengkapi vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, terdapat Posko Abu Bakar Ali dan Posko Titik Nol untuk pelaksanaan vaksin selama masa libur Lebaran kali ini.

"Kita sediakan jika ada wisatawan atau pemudik yang belum melengkapi syarat vaksin. Jadi ada di dua lokasi Posko Abu Bakar Ali dan Titik Nol," terang Heroe kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Ia menjelaskan setiap hari petugas kesehatan dari Dinkes berjaga di lokasi itu. Pelayanan dibuka mulai pukul 13.00-19 WIB.

Baca Juga: Jadi Pemandangan Sepanjang Jalur Mudik, Di mana Plang 0 Kilometer Tol Trans Jawa ?

Jumlah dosis yang disiapkan lebih kurang 100-150 dosis vaksin. Hal itu juga untuk memudahkan wisatawan yang akan kembali usai mudik untuk mendapat vaksin gratis.

"Tapi kami minta saat vaksin jangan mepet dengan hari keberangkatan. Biasanya KIPI-nya tidak muncul," terang dia.

Selain vaksin, Pemkot juga menyediakan lokasi swab antigen bagi pengunjung atau wisatawan. Terdapat tiga lokasi mulai di Posko Tugu Jogja, Posko Abu Bakar Ali dan Posko Titik Nol.

"Kita siapkan 100 alat usap kepada masyarakat yang sedang membutuhkan. Jadi itu juga untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat," terang Heroe.

Dalam membantu masyarakat mencari informasi selama di Malioboro, Pemkot Yogyakarta juga menyiapkan sejumlah layanan informasi yang disediakan Dinas Pariwisata.

Baca Juga: Pemkot Ingatkan Perusahaan Hotel dan Restoran Bayar PBB hingga THR, Begini Respon PHRI DIY

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmo Kota mengatakan layanan informasi itu terletak di depan Hotel Mutiara, Jalan Malioboro.

"Namanya tourism information service, jadi kita beroperasi hingga tanggal 7 Mei. Sudah ada teman-teman pemandu wisata yang akan mengarahkan ketika wisatawan bingung atau membutuhkan informasi lain," kata Wahyu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait