facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Guru Besar FKKMK Jadi Rektor Terpilih UGM, Bakal Fokus Upayakan Pemerataan Distribusi Dokter

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:53 WIB

Guru Besar FKKMK Jadi Rektor Terpilih UGM, Bakal Fokus Upayakan Pemerataan Distribusi Dokter
Rektor Terpilih UGM Periode 2022-2027 Ova Emilia. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Rektor UGM terpilih Ova Emilia setelah mengungguli dua calon rektor lainnya yakni Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto dari Fakultas Teknik.

SuaraJogja.id - Rektor Terpilih UGM Periode 2022-2027 Ova Emilia menyatakan akan terus menjalin kerja sama dengan dengan berbagai pihak dalam kepemimpinannya ke depan. 

Ova yang diketahui saat ini menjabat sebagai Dekan Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK) UGM itu akan berfokus dengan persoalan kesehatan yang ada di Indonesia.

"Ya kalau bidang kesehatan jelas kami memang sangat aktif kerja sama dengan Kementerian Kesehatan," kata Ova kepada awak media, di Balai Senat UGM, Jumat (20/5/2022).

Salah satu yang akan difokuskan masalah kesehatan itu terkait dengan pemerataan dokter di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Ditanya 100 Hari Kerja ke Depan, Rektor Terpilih UGM 2022-2027 Ova Emilia Beberkan Hal Ini

"Terutama untuk pemerataan distribusi dokter karena kita tahu ada beberapa puskesmas hitungannya sekitar 500an yang tidak mempunyai dokter. Jadi itu yang termasuk prioritas," ungkapnya. 

Ditanya terkait dengan kerja sama dengan pemerintah atau stakeholder lain, Ova menuturkan akan merinci nanti setelah 100 hari. Namun ia memastikan UGM akan tetap aktif memberi kritik yang membangun di dalam setiap kesempatan.

"Ya mungkin nanti setelah 100 hari mungkin ya ngomongnya. Tapi yang jelas kita akan menjadi mitra yang dalam arti tetap kritis tetapi juga konstruktif untuk kemajuan kita bersama," tuturnya.

Diketahui bahwa Ova Emilia unggul telak dalam pemilihan rektor baru yang digelar di Balai Senat UGM pada Jumat (20/5/2022). 

Hasil itu membuat Dekan dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK) itu secara otomatis menempatkan Ova sebagai rektor terpilih UGM periode 2022-2027. 

Baca Juga: Unggul Telak, Ova Emilia Jadi Rektor UGM Terpilih Periode 2022-2027

Ova mengungguli dua calon rektor lainnya yakni Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto dari Fakultas Teknik. Dalam pemilihan ini Ova mendapat sebanyak 21 suara. Disusul oleh Deendarlianto dengan 3 suara dan Bambang Agus Kironoto hanya 1 suara. 

"Hasil seluruh proses voting kemudian telah ditentukan hasilnya. Pertama tertinggi dan melampaui 50 persen adalah Prof Ova oleh karena itu sidang pleno MWA memutuskan rektor terpilih untuk periode 2022-2027 adalah Prof Ova Emilia," kata Pratikno.

Ova sendiri baru akan dilantik secara resmi menggantikan Panut Mulyono sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027 pada 27 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait