facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unggul Telak, Ova Emilia Jadi Rektor UGM Terpilih Periode 2022-2027

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 20 Mei 2022 | 17:41 WIB

Unggul Telak, Ova Emilia Jadi Rektor UGM Terpilih Periode 2022-2027
Ketua MWA mengumumkan hasil pemiliha Rektor UGM Periode 2022-2027 Ova Emilia, di Balai Senat UGM, Jumat (20/5/2022). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Pratikno menuturkan pemilihan dan penetapan Rektor diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring.

SuaraJogja.id - Calon Rektor UGM Periode 2022-2027 Ova Emilia unggul telak dalam pemilihan rektor baru yang digelar di Balai Senat UGM pada Jumat (20/5/2022). 

Hasil itu membuat Dekan dari Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK) itu secara otomatis menempatkan Ova sebagai rektor terpilih UGM periode 2022-2027. 

Ova mengungguli dua calon rektor lainnya yakni Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto dari Fakultas Teknik. Dalam pemilihan ini Ova mendapat sebanyak 21 suara. Disusul oleh Deendarlianto dengan 3 suara dan Bambang Agus Kironoto hanya 1 suara. 

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Pratikno menuturkan pemilihan dan penetapan Rektor diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring. 

Baca Juga: Viral Dosen Diduga Unggah Ujaran Kebencian ke Ade Armando, Rektor UGM: Sebagai Pendidik Seharusnya Jadi Panutan

Sejumlah Menteri yang juga sebagai Anggota MWA turut hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Anggota MWA yang hadir baik secara luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali Rektor yang masih menjabat saat ini, Panut Mulyono.

Pratikno yang memimpin secara langsung jalannya Rapat Pleno yang dimulai dengan pembacaan tata tertib, pemaparan program kerja oleh calon rektor dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan oleh pemilihan melalui sistem voting oleh anggota MWA.

"Hasil seluruh proses voting kemudian telah ditentukan hasilnya. Pertama tertinggi dan melampaui 50 persen adalah Prof Ova oleh karena itu sidang pleno MWA memutuskan rektor terpilih untuk periode 2022-2027 adalah Prof Ova Emilia," kata Pratikno, di Balai Senat UGM, Jumat (20/5/2022). 

Baca Juga: Enam Nama Bakal Calon Rektor UGM Diumumkan, Ini Daftarnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait