facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Enam Nama Bakal Calon Rektor UGM Diumumkan, Ini Daftarnya

Galih Priatmojo Kamis, 07 April 2022 | 16:27 WIB

Enam Nama Bakal Calon Rektor UGM Diumumkan, Ini Daftarnya
Jumpa pers Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2022-2027, Rabu (16/3/2022). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Jumlah bakal calon rektor UGM tersebut semakin menyusut yang pada tahap sebelumnya tepatnya pendaftaran ada delapan pendaftar yang memenuhi syarat minimal.

SuaraJogja.id - Panitia Kerja (Panja) Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2022-2027 mengumumkan nama-nama bakal calon rektor UGM periode 2022-2027. Tercatat ada enam nama yang berhasil dinyatakan lolos. 

"Hasil ini kami sampaikan kepada publik sebagai bentuk transparansi dan sekaligus juga mengumumkan bakal calon rektor yang lolos," kata Ketua Panitia Kerja, Subagus Wahyuono, dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Enam nama yang dinyatakan lolos sebagai bakal calon rektor UGM periode 2022-2027 di antaranya Prof. Dr. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng., Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto, Prof. Dr. Ir. Deendarlianto, S.T., M. Eng., Prof. dr. Ova Emilia, M. Med., Ed., Sp.OG (K)., Ph.D., Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M., serta Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D.

Subagus menjelaskan keputusan tersebut diambil setelah melalui rapat yang digelar oleh Panja pada tanggal 25 Maret 2022 lalu. Dalam hal ini terkait dengan pemeriksaan dan verifikasi dokumen administrasi.

Baca Juga: Klitih Coreng Jogja sebagai Kota Pelajar, BEM UGM: Patroli dan Intel Polisi Sudah Efektif Atau Formalitas?

Jumlah bakal calon rektor UGM tersebut semakin menyusut yang pada tahap sebelumnya tepatnya pendaftaran ada delapan pendaftar yang memenuhi syarat minimal. Khususnya terkait dengan pendidikan serta pengalaman kerja serta tidak lupa telah melakukan registrasi secara daring hingga batas waktu pendaftaran pada 9 Maret 2022 kemarin.

Namun dari delapan pendaftar tersebut, kata Subagus, hanya tujuh orang yang berhasil melanjutkan dengan melengkapi serta menyempurnakan keseluruhan persyaratan administrasi dalam tahap pendaftaran. 

Hingga akhirnya tujuh nama itu yang dinyatakan lolos ke tahap seleksi administrasi. 

Dalam tahapan ini sejumlah dokumen harus dilengkapi untuk akhirnya nanti diserahkan oleh para pendaftar. Mulai dari surat pengusulan bakal calon rektor UGM 2022-2027, riwayat hidup, surat motivasi, penjabaran kebijakan umum UGM ke dalam program kerja serta strategi pencapaian tujuan.

"Akhirnya dari tujuh pendaftar yang melengkapi persyaratan administrasi, enam di antaranya dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Rektor UGM Periode 2022-2027," ungkapnya. 

Baca Juga: Viral Video Ganjar Pranowo Lagi Ceramah di Masjid UGM, Mahasiswa Bentangkan Spanduk 'Save Wadas'

Subagus menuturkan bahwa keenam bakal calon rektor tersebut berasal dari internal UGM. Sebenarnya Panja menerima satu pendaftar dari luar UGM, yaitu Dr. Ir. Irawadi, CES dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto namun tidak memenuhi syarat untuk dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Di antaranya ada Ali Agus dari Fakultas Peternakan, Bambang Agus Kironoto dan Deendarlianto dari Fakultas Teknik, Ova Emilia dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Kemudian masih ada Sigit Riyanto berasal dari Fakultas Hukum, serta Teguh Budipitojo berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan. 

Tahapan selanjutnya, kata Subagus adalah Sarasehan Nyawiji Menuju UGM 1 yang rencananya akan diselenggarakan pada 9-16 April 2022 mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan Forum Penjaringan Aspirasi Publik pada 18-19 April 2022.

Setelah itu, para pendaftar yang sudah dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Rektor UGM Periode 2022-2027 akan mengikuti seleksi oleh Senat Akademik pada 12 Mei 2022 mendatang. Hingga akhirnya dilakukan pemilihan dan penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat pada 17-20 Mei 2022.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait