facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Ernando Ari Sutaryadi, Dielukan Jadi Hero Laga SEA Games Kontra Malaysia

Eleonora PEW Minggu, 22 Mei 2022 | 21:42 WIB

Profil Ernando Ari Sutaryadi, Dielukan Jadi Hero Laga SEA Games Kontra Malaysia
Profil Ernando Ari Sutaryadi - (Instagram/@nandoariiiss)

Nama Ernando Ari Sutaryadi menjadi viral usai dirinya tampil gemilang saat hadapi Malaysia dan membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak SEA Games ke-31 di Vietnam.

SuaraJogja.id - Timnas U-23 Indonesia mengalahkan Malaysia dan berhasil menyumbangkan medali perunggu SEA Games ke-31 untuk Indonesia. Kemenangan Indonesia atas rivalnya harus melalui babak adu penalti setelah sepanjang waktu normal skuad Garuda Muda hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1.

Di babak adu penalti, kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi tampil gemilang dengan menggagalkan dua tendangan penalti pemain Malaysia.

Aksi gemilang Ernando Ari Sutaryadi lantas menjadi sorotan publik pencinta sepak bola Indonesia. Banyak yang menyebut bahwa kiper Persebaya Surabaya tersebut tak ubahnya seorang pahlawan alias hero yang menyelamatkan timnas Indonesia dari kekalahan.

Selain itu, sepanjang pertandingan di waktu normal, Ernando Ari Sutaryadi selalu melakukan penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang timnas U-23 Indonesia. Sebelum babak adu penalti, tampak Ernando Ari Sutaryadi sangat percaya diri menghadapinya.

Baca Juga: Berakhir Drama Adu Pinalti, Timnas U-23 Indonesia Berhasil Kalahkan Malaysia

Profil Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari Sutaryadi merupakan nama lengkapnya. Pria berkelahiran Semarang, Jawa Tengah itu memulai kariernya dan dikenal oleh publik sejak dirinya membela timnas U-16 Indonesia di bawah asuhan Fakhri Husaini. 

Di timnas U-16, nama Ernando Ari Sutaryadi lantas banyak dikenal oleh publik usai dirinya tampil gemilang pada babak adu penalti melawan Thailand di final AFF U-16. Berkat penyelamatannya yang gemilang, dirinya sukses membawa timnas Indonesia juara AFF U-16.

Ernando Ari Sutaryadi kemudian dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas U-19 dan U-23 berkat konsistensinya di bawah mistar gawang.

Kepiawaiannya mengamankan gawangnya dari tendangan adu penalti tidak bisa diragukan lagi. Ernando Ari Sutaryadi pernah menggagalkan tendangan penalti Patrick Wood, yang merupakan striker jangkung asal Australia.

Baca Juga: Berlangsung Dramatis, Timnas Indonesia U-23 Menang Lawan Malaysia 4-3 Lewat Adu Penalti

Ernando Ari memulai karier profesionalnya bersama Persebaya Surabaya junior dan terpilih untuk bergabung dengan Garuda Select angkatan pertama.

Biodata:

Nama: Ernando Ari Sutaryadi

Tempat Lahir: Semarang, Jawa Tengah

Tanggal Lahir: 27 Februari 2022

Posisi: Penjaga Gawang

Tinggi Badan: 177 cm

Klub saat ini: Persebaya Surabaya

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait