4 Tips Merawat Kulit untuk Mencegah Bruntusan

Pastikan Anda memilih skincare dengan kandungan bahan yang aman, ya!

Fabiola Febrinastri
Jum'at, 19 Mei 2023 | 09:50 WIB
4 Tips Merawat Kulit untuk Mencegah Bruntusan
Ilustrasi kulit sehat dan glowing (Freepik)

SuaraJogja.id - Belanja online di Shopee sangat menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan promo diskon yang biasanya tersedia saat seller melakukan live streaming. Di fitur Shopee Live tersedia banyak penjualan langsung dari brand skincare atau fashion yang bikin hemat dana belanja Anda. Produk perawatan wajah bisa Anda dapatkan lebih murah untuk mengatasi masalah kulit seperti bruntusan.

Masalah kulit bukan hanya jerawat dan komedo saja, tapi juga termasuk kulit bruntusan. Kondisi kulit bruntusan menyebabkan kulit kasar dan terlihat kotor. Bintik-bintik kecil yang timbul di permukaan kulit tidak hanya terjadi di wajah saja, tapi juga bisa timbul di lengan, dada, dan bahu Anda.

Tips Merawat Kulit Bruntusan
Bruntusan terjadi saat sel-sel mati dan minyak menumpuk di dalam pori-pori dan tidak dibersihkan dengan benar. Sama seperti komedo, bruntusan juga bisa menjadi penyebab jerawat. Pori-pori yang tersumbat kotoran dan sel kulit mati bisa meradang hingga membentuk jerawat besar.

Pada kasus khusus, bruntusan menjadi pertanda dermatitis, iritasi wajah, folikulitis, milia, hingga penyakit kulit yang lebih parah. Oleh karena itu, jika timbul bruntusan di permukaan kulit, Anda harus segera merawatnya dengan menggunakan moisturizer untuk kulit bruntusan agar tidak berlarut dan semakin parah. Berikut ini cara ampuh merawat kulit untuk mencegah timbulnya bruntusan.

Baca Juga:Punya Wajah Awet Muda, Ussy Sulistiawaty Termasuk Bawel Saat Jalani Perawatan Wajah di Klinik Kecantikan

1. Bersihkan Wajah secara Teratur
Langkah pertama untuk perawatan kulit bruntusan adalah dengan bersihkan wajah secara teratur, minimal 2 kali sehari. Pilihlah pembersih wajah, berupa sabun cuci muka dan toner, yang nyaman dan lembut di kulit.

Pastikan terdapat kandungan hypoallergenic yang dapat membersihkan bruntusan tanpa terasa kering dan perih. Jika bruntusan sudah disertai jerawat, Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida yang ampuh membersihkan pori-pori dengan sempurna, menghilangkan bakteri, dan mencegah bruntusan serta jerawat timbul kembali.

Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan charcoal atau green tea yang sangat baik untuk mencegah terbentuknya komedo di pori-pori serta menjaga agar produksi minyak tidak berlebihan di.kulit wajah Anda.

2. Gunakan Pelembab Wajah
Pelembab berguna untuk semua jenis kulit, bukan hanya kulit kering saja. Untuk kulit bruntusan, pilihlah pelembab yang bisa mengontrol kadar minyak berlebih dan menjaga kelembaban kulit dengan mencukupi kebutuhan kadar air yang seimbang.

Periksa label pada kemasan, pilih pelembab dengan bahan dasar air dan non-comedogenic. Agar lebih efektif, Anda juga bisa menggunakan pelembab dengan kandungan ceramide, dimethicone, asam hialuronat, asam laktat, glycerin, lanolin, dan urea untuk mengatasi kulit bruntusan.

Baca Juga:5 Manfaat Perawatan Laser Wajah, Bukan Cuma Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Anda bisa mendapatkan produk pelembab berkualitas yang cocok dengan jenis kulit melalui promo live streaming yang diadakan seller Shopee. Harga lebih hemat juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan produk skincare lainnya. Jangan lupa gunakan pelembab untuk kulit bruntusan dan berminyak minimal 2 kali sehari.

3. Hindari Pencetus Alergi
Bruntusan seringkali timbul karena Anda memiliki riwayat alergi, eksim, atau kulit sensitif. Jika Anda termasuk salah satunya, maka wajib menghindari bahan-bahan pencetus alergi yang menyebabkan kulit Anda bruntusan.

Penyebab alergi tidak hanya makanan saja, tapi juga pakaian, aksesoris dari bahan tertentu, parfum, produk perawatan kulit yang tidak tepat, atau produk rumah tangga yang mengandung bahan kimia keras dan bersifat iritatif. Jika Anda terlanjur bersentuhan dengan bahan-bahan pencetus alergi, segera cegah bruntusan dengan menggunakan moisturizer untuk kulit bruntusan.

4. Eksfoliasi Sel Kulit Mati
Tips pencegahan kulit bruntusan yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah adalah melakukan eksfoliasi sel kulit mati. Anda hanya perlu melakukannya secara teratur sebanyak 1 atau 2 kali seminggu.

Meski eksfoliasi sangat ampuh mengatasi kulit bruntusan, tapi tidak boleh terlalu sering dilakukan, karena kulit Anda bisa menipis. Di pasaran, tersedia dua jenis produk untuk eksfoliasi kulit, yaitu dengan bahan mekanis dan dengan menggunakan produk kimiawi.

Eksfoliasi kulit menggunakan bahan mekanis berupa scrub wajah atau dengan alat mekanis yang ampuh membuat kulit Anda jadi lebih halus dan lembut. Usap lembut scrub pada permukaan kulit agar tidak terjadi iritasi dan membuat masalah kulit bertambah parah. Sedangkan produk eksfoliator kimia berupa produk skincare khusus untuk mengatasi kulit bruntusan.

Anda bisa mendapatkan kedua produk tersebut dengan promo harga hemat melalui fitur live streaming. Pastikan produk tersebut memiliki kandungan asam salisilat, asam alfa hidroksi, asam glikolat, dan retinoid yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan mengontrol minyak berlebih.

Namun Anda harus berhati-hati, beberapa kandungan bahan tersebut tidak boleh digunakan pada wanita hamil dan menyusui. Pastikan Anda memilih  skincare dengan kandungan bahan yang aman, ya!

Pelembab atau moisturizer untuk kulit bruntusan bisa Anda dapatkan dari brand pilihan berkualitas terbaik di Shopee. Pada menu Shopee Live, Anda bisa menjumpai banyak promo penjualan langsung dari berbagai brand skincare, fashion, dan lainnya. Temukan produk yang cocok dengan jenis kulit dan masalah kulit yang sedang Anda hadapi dengan harga hemat.

Manfaatkan segera live streaming Shopee dan mendapatkan promo lain yang tersedia untuk aneka produk yang Anda butuhkan. Belanja online di Shopee sangat menguntungkan, mudah, praktis, dan jauh menghemat budget belanja Anda. Semua kebutuhan harian Anda tersedia lengkap dengan harga hemat hanya di Shopee.

Berita Terkait

Istri Virgoun Putra Tambunan, Inara Rusli memaparkan beragam tips perawatan wajah yang selama ini ia terapkan.

metro | 11:08 WIB

Inara Rusli membantah rumor yang menyatakan kalau biaya perawatan wajahnya mencapai Rp 100 juta.

metro | 10:57 WIB

Melalui story Instagram, Inara Rusli menjelaskan lebih lanjut setelah salah satu netizen menyinggung soal perawatan Rp100 juta itu.

mamagini | 14:48 WIB

Inara Rusli tepis soal perawatan wajah Rp100 juta, ternyata biaya ratusan juta untuk hal ini.

yoursay | 10:45 WIB

Faisal selaku orang tua dari Fadly bicara mengenai kondisi anaknya itu usai video syur mirip kekasihnya beredar.

bandungbarat | 13:33 WIB

Lifestyle

Terkini

Mereka pun lantas langsung menuju ke tempat tawuran yang sudah disepakati tadi di Jalan Wates.

News | 15:08 WIB

sebagian pelaku penganiayaan di Umbulharjo masih anak-anak

News | 13:43 WIB

peristiwa penganiayaan tersebut terjadi pada Jumat 12 Mei lalu.

News | 13:39 WIB

Salma Salsabil Alliyah, mahasiswi ISI Yogyakarta baru saja dinobatkan sebagai juara 1 Indonesian Idol 2023.

News | 10:27 WIB

Ini adalah sebuah capaian yang membanggakan dan menjadi bentuk pengakuan atas komitmen UGM dalam mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

News | 08:51 WIB

Kegiatan ini diyakini dapat memberi kesempatan bagi para pegolf junior untuk bersinar.

News | 22:45 WIB

Ke depan, kata Kusnaryanto, pihaknya akan melakukan pemeriksaan psikologis kepada pelaku.

News | 21:15 WIB

Polisi pun turut membenarkan bahwa pelaku juga sudah sempat mengunggah peristiwa itu ke sosial media dan viral.

News | 19:45 WIB

Mengenai luka sayatan cutter yang diterima, hal itu dilakukan oleh pelaku sendiri.

News | 19:15 WIB

Berawal dari korban N itu kemudian berlanjut ke korban-korban lainnya hingga berjumlah 17 orang.

News | 19:05 WIB

Tri mengungkapkan bahwa tersangka juga pernah melakukan aksinya itu lebih dari sekali dengan korban yang sama.

News | 18:05 WIB

Dalam kegiatan tersebut, juga membuka testimoni pengguna Mitsubishi L300.

News | 17:35 WIB

Tersangka tidak hanya melakukan perbuatan bejatnya kepada belasan anak di bawah umur itu saja.

News | 15:40 WIB

Selain mengamankan tersangka, sejumlah barang bukti turut disita polisi.

News | 14:55 WIB

Disampaikan Yetti, penetapan warisan budaya tak benda itu diharap dapat mampu memberikan perlindungan hukum dan perhatian yang layak

News | 11:05 WIB
Tampilkan lebih banyak