Sultan HB X Punguti Sampah Saat Tinjau Kawasan Semi Pedestrian Malioboro

Chandra Iswinarno
Sultan HB X Punguti Sampah Saat Tinjau Kawasan Semi Pedestrian Malioboro
Sultan HB X yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta memantau Jalan Malioboro. [Suara.com/Rahmad Ali]

Sultan HB X mengakui melakukan hal tersebut agar bisa menjadi contoh bagi wisatawan.

Suara.com - Ada peristiwa unik, saat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau lokasi uji coba semi pedestrian Malioboro, pada Selasa (18/6/2019).

Selama peninjauan, Raja Yogyakarta tersebut memunguti sampah di sepanjang Jalan Malioboro yang dilewatinya. Kepada semua orang yang ikut dalam peninjauan, Sultan mengakui melakukan hal tersebut agar bisa menjadi contoh bagi wisatawan supaya tidak membuang sampah sembarangan.

"Saya ngambil sampah memang sengaja, biar orang bisa lihat. Bahwa sampah dipinggir pun saya ambil gitu," kata Sultan, Selasa (18/6/2019).

Tidak hanya memungut sampah, Sultan juga membuang sendiri sampah yang dipungutnya ke bak sampah. Aksi tersebut, kata Sultan, sebagai bentuk contoh termasuk kepada pihak pemangku kepentingan.

"Engko nek diomongi darani ngajari (nanti kalau diberitahu dikira ngajari)," kata Sultan

Sultan turut menyoroti kesadaran wisatawan yang tidak membuang sampah pada tempatnya. Padahal kata Sultan kantong-kantong sampah telah disediakan pemerintah.

"Mungkin kesadaran untuk membuang sampah di tempat itu semuanya belum terstandarisasi, belum ada pemahaman, mung golek praktise (cuma cari praktisnya)," imbuh Sultan

Bahkan di pot-pot bunga dan tempat pohon sepanjang Jalan Malioboro dijadikan tempat buang sampah hingga menumpuk.

"Padahal di dekatnya ada tempat sampah malah ning gon besi dibuang di tempat pohon sehingga pekerjaan itu makin rumit," katanya.

Kontributor : Rahmad Ali

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS