Yogyakarta Jadi Ruang Ekspresi, Seniman Internasional Meriahkan JISP 2019

Chandra Iswinarno
Yogyakarta Jadi Ruang Ekspresi, Seniman Internasional Meriahkan JISP 2019
Suasana Jalan MalioboroSuasana Jalan Malioboro Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi ruang ekpresi. [Suara.com/Putu Ayu P]

Bambang Paningron menjelaskan, pertunjukan terbagi dalam beberapa titik. Mulai dari Gedung DPRD DIY hingga Titik Nol Kilometer.

Suara.com - Gelaran seni Jogja International Street Performance (JISP) bakal kembali digelar. Even tahunan yang sudah berjalan sejak Tahun 2010 tersebut bakal diikuti seniman dan pekerja seni dari berbagai negara mulai Sabtu (21/9/2019) hingga Senin (23/9/2019) di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Sebut saja Romo Dance Theater dari Malaysia, Rama Simon dari Korea Selatan dan Air Dance dari Filipina serta Silver Belle dari Kamboja. Selain itu sejumlah pertunjukan seni dari seniman Indonesia. Diantaranya Pragina Gong dan Didik Nini Thowok dari Yogyakarta, Sanggar Dangkedunai Batam dan Anis Harliani dari Kepualuan Riau.

"Total seniman yang ikut JISP tahun ini mencapai lebih dua ratus orang," kata Bambang Paningron dari Jaran Production di Kantor Dinas Pariwisata DIY pada Kamis (19/9/2019).

Bambang menjelaskan, pertunjukan terbagi dalam beberapa titik. Mulai dari Gedung DPRD DIY hingga Titik Nol Kilometer.

Kegiatan sengaja dihelat di tempat umum untuk menghilangkan jarak antara seniman dan masyarakat sebagai pendukung utama produk seni budaya. Dengan demikian JISP mampu berperan aktif dalam pengembangan atraksi wisata budaya di DIY.

"Kegiatan internasional jnj diharapkan menjadi ruang ekspresi para seniman dalam mempresentasikan aktivitas seni dari wilayah dan negara masing-masing untuk kemudian dapat saling berinteraksi dan berkolaborasi sehingga pertukaran budaya antarwarga dapat terwujud," paparnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS