Sekda DIY Minta Pemerintah Daerah Respon Cepat Bencana di Wilayahnya

Galih Priatmojo
Sekda DIY Minta Pemerintah Daerah Respon Cepat Bencana di Wilayahnya
Sekda DIY, Baskara Aji. [Putu Ayu Palupi / Kontributor]

Sebelumnya diberitakan sejumlah kawasan di lima kabupaten/kota di DIY mengalami kerusakan akibat bencana banjir, longsor dan angin kencang.

SuaraJogja.id - Sekda DIY, Baskara Aji mendesak kabupaten/kota segera melakukan tindakan cepat terkait bencana yang terjadi di sejumlah titik. Penanganan harus segera dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Sebab potensi banjir, longsor dan angin kencang dimungkinkan masih terjadi. Curah hujan masih tinggi pada Januari-Februari 2020 ini.

“Sekarang yang perlu diantisipasi banjir, longsor dan angin kencang karena angin kencang sulit diprediksi. Jogja kan (berada) di cekungan sehingga kalau ada angin di gunung pasti jogja terdampak,” ungkap Aji di Kompleks Kepatihan, Senin (06/01/2020).

Menurut Aji, Pemda sudah menyiapkan logistik untuk menangani bencana yang terjadi di lima kabupaten/kota. Logistik ini akan dikirimkan ke titik bencana bila stok logistik di kabupaten/kota tidak mencukupi kebutuhan korban atau warga terdampak.

Penanganan ini tidak bisa dilakukan sendiri karena membutuhkan kerjasama antarinstansi. Apalagi saat ini di masong-masing kabupaten/kota sudah ada program desa tanggap bencana dan satuan pendidikan aman bencana.

“Kita juga sudah minta BPBD untuk memetakan potensi bencana agar bisa saling koordinasi,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah kawasan di lima kabupaten/kota di DIY mengalami kerusakan akibat bencana banjir, longsor dan angin kencang. Terakhir pekan ini di Girisubo, Gunung Kidul terjadi longsor karena hujan lebat.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS