YIA Segera Beroperasi Maret 2020, Menhub Minta PT KAI Segera Selesaikan Ini

Galih Priatmojo
YIA Segera Beroperasi Maret 2020, Menhub Minta PT KAI Segera Selesaikan Ini
Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo - (SUARA kontributor/Julianto)

Menhub minta PT KAI segera menambah jalur kereta menuju ke bandara tersebut.

SuaraJogja.id - Yogyakarta International Aiport (YIA) dipastikan akan mulai beroperasi pada 28 Maret 2020 mendatang. Saat ini persiapan sudah mencapai 98 persen.

"Tinggal yang kecil-kecil lagi yang diselesaikan," ujar Menteri Perhubungan (menhub), Budi Karya Sumadi di UGM, Senin (17/02/2020).

Menurut Budi, maskapai penerbangan harus segera mempersiapkan diri. Di antaranya memindahkan jalur penerbangan penumpang dan peralatan yang dimiliki.

Namun karena akses tol dan jalur kereta api yang menuju ke YIA belum ada, Menhub meminta PT KAI segera menambah jalur kereta menuju ke bandara tersebut. 

PT KAI diharapkan menyelesaikan jadwal kereta yang setiap satu jam bisa berangkat dari Stasiun Tugu ke Stasiun Wojo. Penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke YIA dari Wojo dengan menggunakan Damri.

Selain itu sejumlah suttle Damri juga disiapkan di beberapa titik untuk mengangkut penumpang ke YIA. Di antaranya di University Center (UC) UGM, Sleman City Hall (SCH) dan Hartono Mall.

Damri akan melayani penumpang di titik-titik tersebut setiap setengah jam ke YIA. Kemenhub sudah menyiapkan armada Damri yang dibutuhkan.

"Jadi saya lagi diskusi di UGM mau di lembah atau UC. Terserah saja itu. Setiap setengah jam ada damri. Setengah jam ada nggak ada penumpang harus ada (damri). Dan kendaraanya keren mercy sprinter," imbuhnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS