Bakal Dibongkar, Ini 5 Cerita Mistis Jembatan Merah Gejayan

M Nurhadi
Bakal Dibongkar, Ini 5 Cerita Mistis Jembatan Merah Gejayan
Jembatan merah Gejayan. (twitter/@GeronimoFM)

Legenda horor jembatan merah Gejayan, Sleman.

SuaraJogja.id - Saat membahas tentang jembatan merah, kebanyakan orang pasti langsung tertuju pada jembatan merah yang ada di Surabaya.

Padahal, di Sleman, tepatnya di daerah Prayan juga ada jembatan merah. Meskipun tak setenar jembatan merah di Surabaya, warga sekitar sudah sangat mengenal jembatan yang bahkan berusia lebih tua daripada jalanan aspal yang sudah dimuluskan tahun 1985 tersebut.

Sudah beberapa hari ini jembatan Gejayan ditutup. Selain karena umurnya yang sudah tua, lubang di sana-sini semakin memperlemah jembatan ikonik di Yogyakarta ini.

Salah satu faktor dibongkarnya jembatan merah gejayan adalah lubang yang terdapat di sisi barat.

Lubang ini disebabkan oleh permukaan jalan yang semakin menipis terkikis air hujan. Kabarnya, jembatan Gejayan ke depannya tak hanya akan diperbaiki tapi juga diperlebar.

Banyak cerita yang mengisahkan tentang jembatan merah. Dari cerita pembegalan, rampok, hingga berbagai hal mistis. Berikut 5 cerita mistis yang konon ada di jembatan merah Gejayan.

1. Suara Gamelan

Suara gamelan identik dengan budaya jawa atau kejawen. Stigma gamelan tengah malam memang selalu dekat dengan stigma tanda kedatangan makhluk halus.

Ada salah satu pengalaman yang dikisahkan oleh salah seorang alumnus kampus di Yogyakarta ketika melalui jembatan merah Gejayan.

Awal mulanya tak ada hal ganjil saat penutur kisah bersama seorang kawannya mengendarai sepeda motor di daerah Soropadan.

Namun keduanya berubah saat akan mendekati jembatan merah Gejayan. Kedua pemuda tersebut sayup-sayup suara gamelan. Suara tersebut kian jelas saat mereka mendekati jembatan merah.

Perlahan, suara tersebut menghilang saat mereka semakin menjauh dari jembatan.

2. Pocong

Kejadian ini konon terjadi pada pertengahan tahun 2011 lalu. Konon, sering muncul pocong di atas sisi kiri jembatan.

Pocong tersebut kerap kali menampakkan diri saat ada seorang pejalan kaki yang lewat sendirian.

3. Kuntilanak

Penampakan kuntilanak seringkali muncul di jembatan yang melintang sepanjang 15 m di atas ketinggian 25 m Sungai Gajah Wong ini.

Kemunculannya pun terbilang acak. Tidak ada saksi mata yang menyebutkan pernah melihat secara langsung akan adanya kuntilanak, namun kalian yang penasaran dengan mitos ini bisa mencoba memancing mbak kunti dengan menghisap rokok kemenyan saat tengah malam di jembatan merah Gejayan.

4. Mayat dan Bau Anyir

Kabar adanya penampakan yang seringkali muncul di geladak jembatan Gejayan memang yang paling sering diceritakan dibandingkan yang lain.

Beberapa orang yang sering melintasi jembatan Gejayan mengaku menghindari kemunculan mayat di gladak jembatan.

Bersamaan dengan munculnya mayat ini konon juga diiringi dengan aroma bau anyir yang menyengat hidung.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS