Viral Struk Belanja Beraksara Jawa, Warganet Kepo dengan Barang yang Dibeli

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Viral Struk Belanja Beraksara Jawa, Warganet Kepo dengan Barang yang Dibeli
Viral struk beraksara Jawa (Twitter/eMbahNyutz)

Heboh foto struk belanja beraksara Jawa bikin warganet kepo artinya

SuaraJogja.id - Jagat media sosial dibuat heboh dengan beredarnya foto struk belanja salah satu minimarket yang menggunakan aksara Jawa. Foto tersebut mendadak viral dan menjadi sorotan publik karena dianggap unik.

Penampakan foto struk beraksara Jawa itu dibagikan oleh akun Twitter @eMbahNyutz. Sambil berkelakar, ia menyebut struk belanja tersebut merupakan daftar belanjaan Adipati Ranggalawe.

"Belanjaan Adipati Ranggalawe," tulis akun tersebut seperti dikutip Suara.com, Jumat (29/5/2020).

Dalam foto yang diunggah, tampak stuk belanjaan berisi tulisan aksara Jawa dengan format persis seperti salah satu minimarket. Logo yang digunakan juga sama persis, hanya saja tulisan minimarket diubah ke dalam aksara Jawa.

Penampakan foto struk belanja itu membuat warganet penasaran dengan arti dari aksara Jawa tersebut jika diterjemahkan ke dalam bahasa latin. Warganet penasaran dengan apa saja yang dibeli oleh Adipati Ranggalawe di minimarket.

Baca Juga: Ini Kumpulan Cuitan Kritik Pedas Iman Brotoseno soal TVRI dan Helmy Yahya

Viral struk beraksara Jawa (Twitter/eMbahNyutz)
Viral struk beraksara Jawa (Twitter/eMbahNyutz)

"Tolong translate aku tidak paham sama sekali," kata @nnaatttttt.

"Tolong bacain dong, Adipati mau belanja apaan sih," ujar @MinRa1013.

Kemudian ada warganet yang mengartikan aksara Jawa tersebut ke dalam bahasa latin. Setelah diartikan, beberapa warganet baru mengetahui barang belanjaan berupa sebungkus rokok dengan harga Rp. 17.500.

Baca Juga: HP-nya Hilang, Ayah Tega Bakar Hidup-hidup Anak Kandungnya hingga Tewas

Dalam struk tersebut diketahui minimarket yang menggunakan struk beraksara Jawa berlokasi di Jalan DI Pandjaitan, Mantrijeron, Yogyakarta.

Terjemahan struk beraksara Jawa (Twitter/eMbahNyutz)
Terjemahan struk beraksara Jawa (Twitter/eMbahNyutz)

Tak hanya berakhir di situ, warganet bahkan ada yang mempelajari apakah aksara Jawa yang digunakan sudah tepat. Beberapa warganet mencoba memperbaiki susunan aksara Jawa agar menjadi sempurna.

"Oh ya sebenarnya kalau mau versi serius itu tulisan banyak salahnya hehe. Misal "re" itu harusnya jangan "ra" dipepet tapi pakai "pa cerek". Tapi aku paham maksudnya sih. Singkatannya juga maksa. Angkanya juga gak pakai angka Jawa. Tapi ini lucu-lucuan. Ya wis," ungkap @Dreamy091_.

Penampakan struk belanja beraksara Jawa itu sukses menyedot perhatian publik. Sejak diunggah pada Kamis (28/5/2020), cuitan tersebut telah disukai oleh 4,9 ribu orang dan dibagikan ulang oleh 2,8 ribu orang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS