Olah Tubuh, Melembagakan Olahraga Desa untuk Mencapai Kesehatan Masyarakat

Rendy Adrikni Sadikin | Fitri Asta Pramesti
Olah Tubuh, Melembagakan Olahraga Desa untuk Mencapai Kesehatan Masyarakat
Ida Bagus Yoga Atmaja dari Padepokan Silatorium PGB Bangau Putih

Yoga mengatakan hal sederhana namun penting yang bisa dilakukan tiap-tiap individu untuk membangun kesehatan bersama adalah menggerakkan tubuh dengan berolahraga

SuaraJogja.id - Desa memiliki peran penting untuk mengupayakan pemulihan kesehatan masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Melalui Kongres Kebudayaan Desa, Ida Bagus Yoga Atmaja dari Padepokan Silatorium PGB Bangau Putih mengatakan salah satu langkah untuk membangun kesehatan negara adalah dengan melembagakan kegiatan olahraga di desa.

Menurutnya, hal tersebut dapat membuat masyarakat lebih konsisten dalam melakukan langkah-langkah untuk menjaga kesehatan.

Yoga mengatakan hal sederhana namun penting yang bisa dilakukan tiap-tiap individu untuk membangun kesehatan bersama adalah menggerakkan tubuh dengan berolahraga.

Meski penting dan sederhana, namun hal ini nampak belum terlalu mendapatkan perhatian masyarakat. Ia mencontohkan, bagaimana saat ini orang-orang terlalu sibuk untuk mencari obat yang tepat untuk menghilangkan suatu penyakit.

"Ketika saat pandemi seperti saat ini, banyak orang yang berharap adanya ramuan atau jamu yang cocok dan bisa membantu dari serangan Covid-19. Ini menunjukkan bahwa hanya mengharapkan sesuatu yang berasal dari luar dirinya," kata Yoga, Kamis (2/7/2020).

Padahal, bagaimana kondisi di dalam tubuh, termasuk daya imun, juga tak kalah penting untuk menjaga diri agar tidak tertular virus corona atau penyakit-penyakit lain.

Olah Tubuh, Melembagakan Olahraga Desa untuk Mencapai Kesehatan Masyarakat
Olah Tubuh, Melembagakan Olahraga Desa untuk Mencapai Kesehatan Masyarakat

Pemerintah Indonesia sendiri sebenarnya memilliki sejarah yang panjang dalam mengupayakan kesehatan masyarakat dengan melibatkan warga untuk berolahraga.

"Misalnya dibidang olahraga, kemajuan diukur dengan indeks pembangunan keolahragaan, tapi karena fasilitasnya tak memadai misalnya, maka indeks kebugaran warga bisa tak tercapai," sebutnya.

Masyarakat desa menurut Yoga sebetulnya dapat bergerak aktif untuk menciptakan kesehatan tanpa harus menunggu para pemangku kebijakan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS