Positif Covid-19, Calon Penumpang di Bandara YIA Dikembalikan ke Semarang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana
Positif Covid-19, Calon Penumpang di Bandara YIA Dikembalikan ke Semarang
Area check-in Bandara YIA Kulon Progo terpantau lenggang, tidak ada antrean yang mengular seperti biasa, Sabtu (4/4/2020) - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Menurut Pandu, calon penumpang ini belum sempat untuk mengakses Bandara YIA lebih jauh lagi.

SuaraJogja.id - Yogyakarta Internasional Airport atau Bandara YIA menunda keberangkatan calon penumpang pesawat yang teridentifikasi sebagai kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien Covid-19 tersebut rencananya akan berangkat dari YIA dengan tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur menggunakan pesawat Citilink, Jumat (10/7/2020) pukul 11.00 WIB.

Pts General Manager (GM) YIA Agus Pandu Purnama membenarkan bahwa ada seorang calon penumpang bandara yang ternyata positif Covid-19. Kejadian tersebut diketahui oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang bertugas di Bandara YIA.

"Sebenarnya calon penumpang tersebut sudah membawa surat keterangan bebas Covid-19 dari RSUD KRMT Wongsonegoro, Kota Semarang. Namun pada dokumen tersebut terdapat kesalahan dalam penyimpulan hasil test yang bersangkutan, yang harusnya positif tertulis negatif," ujar Pandu saat dihubungi awak media, Jumat.

Dijelaskan lebih lanjut, setelah calon penumpang tersebut diketahui positif, pihak KKP langsung melakukan tindakan dengan meminta korban menuju ruang isolasi yang berada di YIA sembari menunggu pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY tiba di lokasi.

Tidak lama berselang, pihak Gugus Tugas Covid-19 DIY langsung memutuskan untuk mengantar calon penumpang tersebut kembali ke Semarang untuk diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19 Jawa Tengah.

Pandu menuturkan, calon penumpang ini belum sempat untuk mengakses Bandara YIA lebih jauh lagi, bahkan belum sempat menginjakkan kaki di ruang tunggu dan boarding lounge. Dari informasi yang didapat Pandu, calon penumpang tersebut sudah menaati protokol kesehatan yang berlaku di bandara dan melewati semua prosedur dengan sesuai.

"Sudah melewati thermal scanner untuk cek suhu tubuh, tapi hasilnya normal, sehingga berdasarkan keterangan gugus tugas, indikasinya normal, tidak ada gejala. Jadi calon penumpang ini masuk ketegori orang tanpa gejala (OTG)," kata Pandu.

Petugas yang datang langsung membersihkan area yang sekiranya sempat diakses oleh calon penumpang dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Pandu juga tidak lupa mengapresiasi kinerja petugas KKP yang berada di Bandara YIA karena telah berjasa mendeteksi kejanggalan dokumen dari calon penumpang.

"Jadi memang mekanisme ini sudah sesuai. Menjadi sebuah prestasi buat KKP karena memang dengan detail memeriksa semua dokumen dari para calon penumpang,"  tandas Pandu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS