Luncurkan Jogjaversitas.id, Aptisi DIY: Daftar Kuliah Cukup Pakai Rapor

Galih Priatmojo
Luncurkan Jogjaversitas.id, Aptisi DIY: Daftar Kuliah Cukup Pakai Rapor
Ilustrasi ruang kuliah. [Shutterstock]

Jogjaversitas.id diluncurkan untuk meningkatkan animo pendaftar dan calon mahasiswa yang ingin kuliah di DIY.

SuaraJogja.id - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hadirkan Jogjaversitas.id. Laman tersebut menjadi salah satu jalur baru bagi calon mahasiswa mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di DIY, dengan cara lebih mudah.

Kehadiran Jogjaversitas.id merespon dampak pandemi COVID-19, khususnya di bidang pendidikan tinggi. Jogjaversitas.id adalah upaya Aptisi DIY untuk menyelenggarakan promosi dan seleksi masuk PTS secara kolektif, untuk meningkatkan animo pendaftar dan calon mahasiswa yang ingin kuliah di DIY.

Ketua Aptisi DIY, Prof.Fathul Wahid mengatakan, Jogjaversitas.id adalah laman jejaring seleksi bersama PTS, yang saat ini telah diikuti oleh lebih dari 40 PTS berkualitas di DIY. Jumlah tersebut juga akan terus bertambah. Ada sebanyak 80 program studi, yang bisa menjadi pilihan bagi pendaftar.

"Peluncuran Jogjaversitas menjadi bentuk kesiapan PTS yang ada di DIY, dalam menyambut mahasiswa baru di tengah pandemi. Dengan cara memudahkan seleksi masuk, serta berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan berkualitas," kata dia, kepada wartawan, usai peluncuran laman Jogjaversitas.id, Sabtu (25/7/2020).

Melalui laman Jogjaversitas.id, pendaftar cukup satu kali memasukkan nilai rapor dan dapat memilih tiga program studi dari perguruan tinggi berbeda, yang ada di wilayah DIY.

Hasil seleksi diumumkan langsung setelah pendaftar selesai memilih program studi dan memasukkan nilai rapor.

"Dengan pola seleksi tersebut, kehadiran Jogjaversitas memberikan kemudahan. Khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di luar DIY, untuk dapat mendaftar kuliah di berbagai PTS yang ada di DIY, tanpa harus keluar rumah," ungkap Fathul yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia itu.

Jogjaversitas bukan satu-satunya jalur bagi calon mahasiswa untuk mendaftar ke PTS, melainkan menjadi salah satu jalur saja.

"Kedaulatan PTS kami hargai, silakan mereka menjalankan program, PMB (penerimaan mahasiswa baru) seperti yang sudah ada di PTS masing-masing. Tapi, bisa menambah jalur bersama Aptisi [Jogjaversitas.id]. Kami membangun sistem yang fleksibel, karena kami ingin siapapun bisa kuliah," terangnya.

Mendaftar lewat Jogjaversitas tak dikenakan biaya alias gratis. Bahkan pihak Aptisi dan Jogjaversitas.id pun tidak menarik biaya dari PTS yang bergabung dalam sistem laman tersebut, sambung Fathul.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS