Ini Ciri Hewan Kurban yang Baik Menurut Syariat Islam dan Dokter Hewan

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Ini Ciri Hewan Kurban yang Baik Menurut Syariat Islam dan Dokter Hewan
Hewan kurban di Blitar (Suara.com/Farian)

Masih memilih hewan kurban di H-1 Iduladha? Simak ciri hewan kurban yang baik agar tak salah pilih.

SuaraJogja.id - Memilih hewan kurban untuk Iduladha jangan sekadara mencari yang gemuk atau montok. Secara syariat Islam maupun berdasarkan ilmu kesehatan hewan, ada ciri-ciri yang harus Anda ketahui, yang menandakan bahwa hewan kurban tersebut sehat dan layak dikurbankan. 

Mengutip NU Online, Kamis (30/7/2020), Katib Syuriyah PCNU Pringsewu KH Munawir mengatakan bahwa saat memilih hewan kurban, maka harus diperhatikan kesempurnaan hewan tersebut.

"Hendaknya hewan yang paling bagus, dilihat menyenangkan, gemuk atau banyak dagingnya, bertanduk, dan tidak memiliki cacat sama sekali," rinci KH Munawir.

Alasan ini, karena menurut ahli agama, hewan ini nantinya bisa menjadi kendaraan di hari kiamat kelak.

Di sisi lain, sebelum dikurbankan, KH Munawir juga mengingatkan agar memperlakukan hewan yang akan dikurbankan dengan baik.

"Jangan membuat hewan kurban stres dengan semisal melakukan penyembelihan di depan hewan kurban lainnya," imbau Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Lampung ini.

Perlakuan baik kepada hewan kurban ini juga menurutnya akan berdampak pada kualitas daging kurban saat dikonsumsi nantinya. Mengingat sebelum disembelih hewan tidak merasa tertekan atau stres.

"Disunahkan untuk menyiapkan hewan kurban satu hari sebelum pelaksanaan penyembelihan dengan merias dan tidak memotong rambut dan kuku hewan kurban," katanya.

Ciri hewan kurban sehat menurut dokter

Sementara itu, menurut Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jabar, Sri Mujiariningsih, hewan yang sehat pertama bisa dilihat dari bulunya yang mengkilat dan halus, serta pastikan bulunya tidak berdiri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS