facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Unik Perjalanan Pesawat Gatotkaca ke Jogja, Dikira Salah Jalur

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Minggu, 23 Agustus 2020 | 11:51 WIB

Cerita Unik Perjalanan Pesawat Gatotkaca ke Jogja, Dikira Salah Jalur
Proses perakitan pesawat N-250 Gatotkoco buatan BJ Habibie di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Sabtu (22/8/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Proses perakitan akan memakan waktu hingga lima hari ke depan.

SuaraJogja.id - Puluhan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama petugas PT Dirgantara Indonesia (DI) terlihat tengah bersiaga di salah satu sudut Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala, Yogyakarta.

Sambil memegangi seutas tali yang sudah terkait dengan sayap pesawat Gatotkaca, para prajurit tersebut bergeser mundur menarik tali tambang tersebut mengikuti instruksi salah seorang pimpinan yang berdiri tak jauh dari lokasi.

Dibantu dengan alat berat berupa crane, setahap demi setahap, sayap-sayap tersebut berhasil dirakit ulang ke badan pesawat. 

Ya, pesawat asli karya bangsa Indonesia N-250 Gatotkaca Jumat subuh kemarin telah mendarat sempurna di Kota Pelajar tanpa kerusakan apapun.

Baca Juga: Kakak Sri Sultan HB X Wafat, Keraton Jogja Larang Bunyikan Gamelan

Burung besi pertama buatan Indonesia hasil tangan ulet mantan Presiden RI ke-3, BJ Habibie itu baru saja menempuh perjalanan jauh dari Bandung menuju Yogyakarta untuk dipensiunkan di Museum Pusat TNI AU.

Dibongkar di Landasan Udara Husein Sastranegara, Bandung pada 13 Agustus 2020, pesawat N-250 Gatotkaca kemudian baru dikirim ke Yogyakarta melalui jalur darat pada Kamis (20/8/2020) malam.

Penampakan pesawat N-250 Gatotkaca yang saat ini ditempatkan di sebuah hanggar di kawasan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Sabtu (22/8/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]
Penampakan pesawat N-250 Gatotkaca yang saat ini ditempatkan di sebuah hanggar di kawasan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Sabtu (22/8/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

"Pukul 01.00 wib kami berangkat dari Bandung menuju Yogyakarta. Hampir 27 jam perjalanan kami lalui, memang ada kendala dan semuanya dapat diselesaikan dengan bantuan aparat di jalan, pihak Jasa Marga, Polda di tiap daerah," ujar Kadispen Angakaran Udara (AU) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Ardiyanto ditemui di museum setempat, Sabtu.

Setelah dinyatakan pensiun dan siap dimuseumkan, ternyata perjalanan N-250 Gatotkoco menuju Yogyakarta menyisakan berbagai kisah unik.

Sepanjang 567 kilometer sang Gatotkoco dikawal hingga ke Yogyakarta, Fajar menyebut bahwa ada cerita lucu yang dia saksikan. Mulai dari guyonan pesawat yang salah jalur, pilot yang kesasar sampai hampir tersangkut di beberapa pintu tol.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jogja Hari Ini, Minggu 23 Agustus 2020

"Ada beberapa pintu tol yang tidak bisa dilewati pesawatnya. Nah diatur bagaimana pesawat bisa lewat. Jadi cari jalur yang lebih lebar. Ada sempat yang hampir nyangkut di pintu tol Banyumanik dan Kalikangkung, tapi semua bisa diselesaikan," kata Fajar yang ikut mengawal perjalanan N-250.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait