Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Menarik Tentang Otak

Vania Rossa | Lilis Varwati Senin, 07 September 2020 | 14:49 WIB

Jarang Diketahui, Ini 10 Fakta Menarik Tentang Otak
Ilustrasi otak. (Shutterstock)

Otak, bagian terpenting pada tubuh manusia ini, memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

SuaraJogja.id - Bicara soal otak, tak melulu soal kecerdasan. Sebagai organ terpenting pada tubuh manusia, otak memiliki jutaan sel saraf yang menentukan cara kita bertindak dan berpikir. Sudah banyak penelitian tentang otak yang dilakukan para ahli. Tetapi, menurut dokter umum dr. Rayhan Maditra, sejumlah fakta menarik berikut mungkin sangat jarang diungkap para ahli. 

Dikutip dari kanal YouTube Mako Talk, suami penyanyi Isyana Sarasvati itu menjabarkan sepuluh fakta menarik tentang otak.

1. Otak berlemak

Sekitar 60 persen otak manusia terdiri dari lemak, dan tiga perempatnya terdiri dari air. Karena itu, penting untuk konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak baik seperti omega 3 yang ada pada ikan. Rayhan juga mengingatkan agar jangan sampai mengalami dehidrasi. Karena dehidrasi bisa mempengaruhi kerja kognitif otak, seperti daya berpikir, mengingat, membuat keputusan, dan fokus.

"Walaupun berat otak hanya dua persen dari berat tubuh, dia memerlukan 20 persen dari aliran darah. Karena dia perlu banget oksigen dan nutrien yang terkandung dalam darah. Makanya jangan sampai darah kita kelaparan," kata Rayhan.

2. Otak manusia purba lebih besar

Volume otak manusia purba ternyata lebih besar daripada otak manusia modern saat ini. Tapi bukan berarti otak makin kecil maka intelektualitas juga menurun. Menurut Rayhan, peneliti masih mencari tahu sebab pasti penyusutan otak manusia. Banyak teori yang berkembang terkait itu, salah satunya evolusi. Tubuh manusia yang semakin mengecil, diikuti otak yang juga menyusut.

"Banyak menduga otak kita makin efisien. Dan ada juga yang menyebut ini akibat dari domestikasi. Sama seperti anjing atau domba. Otak mereka juga ikut mengecil seiring berjalannya waktu," ucapnya.

3. Pembuluh darah dan jaringan kapiler pada otak sangat panjang

Jika dipanjangkan, pembuluh darah pada otak bisa mencapai jarak 640 km lebih. Ini sama seperti jarak Jakarta-Madiun. Terdengar mustahil, tapi itu karena pembuluh darah di otak sangat kecil, sehingga bisa berada di ruangan sekecil otak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait