alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Balas Dakwah Tumpeng Hindu Ustaz Abdul Aziz, Kaesang Kirim Foto Hello Kitty

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Farah Nabilla Selasa, 01 Desember 2020 | 11:24 WIB

Balas Dakwah Tumpeng Hindu Ustaz Abdul Aziz, Kaesang Kirim Foto Hello Kitty
Ilustrasi nasi tumpeng [shuterstock]

Ustaz Abdul Aziz menjelaskan, tumpeng mengandung konsep Hindu.

SuaraJogja.id - Putra bungsu Presiden Joko widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, memberikan respons pedas untuk ceramah viral Ustaz Abdul Aziz soal tumpeng. Di video itu, Ustaz Abdul Aziz mengajak jemaahnya untuk meninggalkan tradisi tumpeng karena mengandung ajaran agama Hindu.

Menanggapai pernyataan tersebut, Kaesang malah mengirimi foto karakter kartun Hello Kitty. 

Dilansir Hops.id -- jaringan Suara.com, Senin (30/11/2020), penceramah agama Islam tersebut mengungkapkan bahwa tumpeng merupakan simbolisasi dari agama Hindu.

Segitiga tumpeng, kata dia, merupakan perwujudan atau manifestasi trimurti dewa Hindu: Siwa, Wisnu dan Brahma. Untuk itu, dia mengajak jemaahnya untuk meninggalkan tradisi membuat tumpeng dan beralih kepada bentuk yang lainnya.

Baca Juga: Viral Curhatan 2 Bulan Lupa Punya HP Sultan, Publik: Aku Mau Level Kaya Ini

Dalam video tersebut, Ustaz Abdul Aziz mengawali ceramahnya dengan sebuah pertanyaan yang mengulas konsep tumpeng.

Geger Ceramah Tumpeng Itu Hindu, Begini Respon dari Kaesang Pangarep. (Twitter/@kaesangp)
Geger Ceramah Tumpeng Itu Hindu, Begini Respon dari Kaesang Pangarep. (Twitter/@kaesangp)

“Pertanyaan kelima, apakah Anda kenal dengan ini, Ayah, Bunda [menunjukkan tumpeng]? Kira-kira kalau ini bukan gambar, ini kenyataan sehabis kajian ini kita makan enak enggak, Ayah, Bunda? Kalau Ayah Bunda katakan enak, saya katakan tak enak, Ayah, Bunda, kenapa?”

Ustaz Abdul Aziz menjelaskan, tumpeng mengandung konsep Hindu. Dia menjelaskan, dalam keterangan di kitab Manawa Dharmasastra Weda Smrti, orang Hindu pada kasta terendah, Kasta Sudra, membuat tumpeng sebagai pengganti kesaksian kehinduan.

“Konsep di dalam agama Hindu kastra Sudra yang sulit baca "om swastiastu awikina wastu Eka eva Brahman' syahadatnya sulit enggak itu Ayah, Bunda? Maka di dalam kitab itu, Kasta Sudra cukup membikin tumpeng. Bentuknya segitiga yang dimaksud di sini adalah trimurti, manifestasi Dewa Brahma, Siwa, dan Wisnu,” jelas sang ustaz.

Selanjutnya dia mengatakan, menurut keyakinan orang Hindu, barang siapa yang membuat tumpeng, artinya mereka telah berkeyakinan Hindu. Hal ini lah menurut ustaz Abdul Aziz yang mesti diwaspadai.

Baca Juga: Guru Ini Hina Kado dari Murid Malah Minta Hadiah Lain, Publik Geram

“Umat Hindu mengatakan, barang siapa yang sudah membikin tumpeng, dia sudah bergama Hindu,” jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait