alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Lahar Bara, Dibully Usai Masuk ke Kawah Merapi Lalu Jadi Superhero

Galih Priatmojo Rabu, 02 Desember 2020 | 15:32 WIB

Cerita Lahar Bara, Dibully Usai Masuk ke Kawah Merapi Lalu Jadi Superhero
Bakat Setiawan atau Lahar Bara relawan yang viral usai mendaki hingga ke kawah Merapi saat statusnya Siaga beberapa waktu lalu. [Taufik Irvani / YouTube]

Lahar Bara menganggap Merapi sebagai rumahnya.

SuaraJogja.id - Beberapa waktu lalu jagad media sosial digegerkan dengan aksi nekat seorang relawan yang biasa disapa Lahar Bara yang nekat mendekat ke mulut kawah Merapi saat statusnya siaga. 

Dalam video yang dibagikan, ia menunjukkan saat guguran terjadi di sekitar kawah Gunung Merapi, Jumat (27/11/2020) lalu. 

Siapa kira, pria yang diketahui berasal dari Cepogo, Boyolali tersebut bukan kali itu saja memanjat hingga pucuk Merapi. 

Dari unggahan dua hari lalu, pria bernama terang Bakat Setiawan itu bahkan pernah masuk dan menginjak di dalam area kawah Merapi. 

Baca Juga: Mendekati Erupsi Merapi, Sleman Perpanjang Status Tanggap Darurat

Bakat Setiawan atau Lahar Bara merupakan anggota SAR Barameru. Dia kerap melakukan aksi penyelamatan pendaki yang mengalami musibah di Gunung Merapi.

Pria berusia 34 tahun itu menganggap Merapi sebagai rumahnya. Dia memiliki ikatan emosional dengan gunung api aktif di Pulau Jawa itu.

"Merapi itu sudah kayak rumah saya. Jadi, saya bisa sebulan sekali naik rutin. Karena histori saya tentang Merapi terlalu banyak," jelasnya melalui video di channel Youtube Taufik Irvani yang diunggah pekan lalu.

Lebih jauh, Lahar Bara bercerita saking akrabnya dengan Merapi, ia pernah nekat bersama beberapa rekan masuk hingga ke kubah lava atau kawah Merapi. 

Sesampainya di dalam kawah Merapi, ia sempat menuliskan namanya bersama dengan rekan yang menemani turun ke bawah kubah lava. 

Baca Juga: Misteri 3 Gunung Api Meletus Bareng Terungkap! Semeru, Merapi dan Lewotolok

Bakat Setiawan atau Lahar Bara buka suara terkait pendakiannya yang viral di Channel YouTube Taufik Irvani. [Taufik Irvani / YouTube]
Bakat Setiawan atau Lahar Bara buka suara terkait pendakiannya yang viral di Channel YouTube Taufik Irvani. [Taufik Irvani / YouTube]

Tapi tindakan itu justru mendapat kecaman dari berbagai pihak. Ia sempat dibully. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait