alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkab Sleman Resmikan Selter Covid-19 di Kalasan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Kamis, 25 Februari 2021 | 09:21 WIB

Pemkab Sleman Resmikan Selter Covid-19 di Kalasan
Plh Bupati Sleman Harda Kiswaya meninjau peresmian selter COVID-19 di Balai Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Sleman, Rabu (24/2/2021). - (SuaraJogja.id/HO-Bagian Humas dan Protokol Setda Sleman)

Selter Covid-19 tersebut disiapkan karena berdasarkan evaluasi, karantina mandiri atau isolasi di rumah,masih memiliki potensi untuk adanya penularan.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kabupaten Sleman resmikan selter Covid-19 di area Kantor Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Rabu (24/2/2021).

Carik Kalurahan Tamanmartani Tomi Nugraha mengatakan, selter Covid-19 tersebut disiapkan berdasarkan evaluasi terhadap proses isolasi atau karantina mandiri yang dilakukan di wilayah Tamanmartani.

Dari evaluasi itu, diketahui bahwa karantina mandiri atau isolasi di rumah masih memiliki potensi untuk adanya penularan.

"Karena kontrol yang kurang ketat, sehingga kami siapkan selter Covid-19 ini,” kata dia, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Cuti Bersama Dipangkas, Pemkab Sleman Yakini Tidak Akan Ada Masalah

Ia menjelaskan, kontrol yang kurang ketat itu misalnya, ketika ada warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah, kerap ditemukan masih melakukan kontak dengan keluarga dekat yang berada di sekitarnya.

Menurut Tomi, hal tersebut dapat menjadi potensi adanya penularan atau klaster keluarga.

Selter Covid-19 yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) ini, memiliki fasilitas 7 kamar yang dilengkapi dengan kasur, kamar mandi, peralatan mandi dan kebutuhan sehari - hari.

“Selter Covid-19 ini memanfaatkan bangunan yang sebelumnya dipakai oleh lembaga-lembaga seperti BKM, Bumdes dan BPD," tutur Tomi.

Secara teknis, masyarakat yang masuk dalam kategori OTG akan dipindah ke selter Covid-19 berdasarkan dari hasil pemantauan Satgas Covid-19 tingkat Padukuhan.

Baca Juga: Jawaban Uus Saat Istri Izin Pakai Hijab dan 4 Berita Terpopuler SuaraJogja

Plh Bupati Sleman Harda Kiswaya mengapresiasi langkah Kalurahan Tamanmartani yang menyediakan selter Covid-19 untuk masyarakat Tamanmartani.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait