alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jajal KRL Jogja-Solo Sampai Stasiun Klaten, Begini Komentar Presiden Jokowi

Galih Priatmojo Senin, 01 Maret 2021 | 14:54 WIB

Jajal KRL Jogja-Solo Sampai Stasiun Klaten, Begini Komentar Presiden Jokowi
Presiden Jokowi setelah meresmikan KRL Jogja-Solo, mencoba menaikinya hingga ke Klaten, Senin (1/3/2021). [Kontributor / Putu Ayu Palupi]

KRL diharapkan dapat meningkatkan pariwisata dan sektor-sektor ekonomi lainnya

SuaraJogja.id - Presiden Joko Widodo (jokowi) meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (01/03/2021) siang. Didampingi Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, Jokowi menjajal kereta cepat tersebut sampai Stasiun Klaten.

Jokowi dalam sambutannya mengungkapkan, KRL yang menggunakan teknologi ramah lingkungan tersebut dapat memudahkan mobilisasi masyarakat mapun barang dan jasa.

"[KRL] diharapkan dapat meningkatkan pariwisata dan sektor-sektor ekonomi lainnya," ujarnya.

Menurut Jokowi, moda transportasi tersebut tak hanya ramah lingkungan. Namun juga lebih cepat dibandingkan Kereta Prambanan Ekspress (Prameks). Bahkan biaya operasionalnya pun jaug lebih murah dibandingkan modal lainnya.

Baca Juga: Jajal KRL Jogja-Solo Pertama Kalinya, Ganjar Diledek Presiden Joko Widodo

Karenanya Jokowi mendorong moda transportasi massal lebih ramah lingkungan. Diantaranya dengan memanfaatkan mesin penggerak listrik.

"Ini sebuah efisiensi yang bagus sekali, Yang paling penting KRL ini ramah lingkungan," ungkapnya.

Sementara Sri Sultan HB X mengungkapkan keberadaan KRL tersebut sangat mendukung mobilisasi masyarakat yang akan dan pulang ke DIY. Para pelajar dan pekerja yang setiap pagi dan sore memanfaatkan KRL dan Prameks sebagai moda transportasi massal.

"Semoga saja KRL menjadi pilhan baik bagi warga masyarakat dengan harapan tepat waktu karena akan kuliah dan bekerja," paparnya.

Salah seorang warga asal Bantul, Ismawan yang selama ini sering memanfaatkan Prameks berharap keberadaan KRL semakin memudahkan mobilitasnya. Banyak manfaat yang dirasakan dengan adanya moda transportasi baru tersebut.

Baca Juga: Resmikan KRL Jogja-Solo, Jokowi: Ke Depan Harus Ramah Lingkungan

"Harganya juga lumayan murah, hanya delapan ribu. Semoga kedepan akan ditambah jalur ke barat jadi memudahkan para pekerja," imbuhnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait