alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menuju Deklarasi Partai Ummat, Nyaris Dibubarkan Hingga Ajak Habib Rizieq

Galih Priatmojo Kamis, 29 April 2021 | 11:08 WIB

Menuju Deklarasi Partai Ummat, Nyaris Dibubarkan Hingga Ajak Habib Rizieq
Tangkapan layar, politikus senior Amien Rais mendeklarasikan Partai Ummat melalui akun YouTube Amien, Kamis (1/10/2020).

Amien Rais bakal menggelar deklarasi Partai Ummat pada Kamis (29/4/2021) siang di Yogyakarta.

SuaraJogja.id - Salah satu tokoh reformasi yakni Amien Rais, hari ini Kamis (29/4/2021) akan melakukan deklarasi partai Ummat. Partai baru yang digagasnya itu bakal dideklarasikan di Yogyakarta.

Merujuk pada riwayatnya, Partai Ummat yang digagas Amien Rais tak bisa dilepaskan dari polemik yang memuncak ketika gelaran Kongres V PAN pada Februari 2020 lalu.

Amien Rais yang sebelumnya telah menunjukkan gelagat berbeda jalan dengan partai yang dibesarkannya yakni PAN memuncak ketika Mulfachri Harahap yang didukungnya gagal menduduki kursi ketua umum partai berlambang matahari tersebut.

Dalam kongres yang diwarnai insiden lempar kursi itu akhirnya menetapkan Zulkifli Hasan sebagai ketua PAN periode 2020-2025.

Baca Juga: Amien Rais Akan Deklarasi Partai Ummat 29 April 2021 Dari Yogyakarta

Belakangan, Amien Rais secara terbuka mengaku tak lagi bernaung di partai yang dirintisnya tersebut. Gerbong pendukungnya pun demikian, salah satunya yakni putranya Hanafi Rais yang kemudian juga mundur dari kepengurusan PAN dan anggota DPR.

Umumkan Partai Ummat

Pada medio akhir tahun 2020 tepatnya pada bulan September, Amien Rais secara mengejutkan mengumumkan partai barunya yang diberi nama Partai Ummat.

Lewat channel YouTubenya, Amien Rais juga sempat merilis logo partai Ummat. Memiliki bentuk seperti perisai berwarna hitam dengan tepian emas, dan gambar bintang di tengah perisai, logo tersebut disebut dengan istilah perisai tauhid.

Amien menyampaikan, bahwa pihaknya melakukan musyawarah yang panjang sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan logo tersebut. Bentuk perisai itu mirip dengan yang ada di dada burung Garuda Pancasila.

Baca Juga: Amien Rais Bakal Pimpin Deklarasi Partai Ummat pada 17 Ramadhan

Politikus senior Amien Rais merilis logo partai barunya, Partai Ummat. Logo tersebut diambil dari perisai tauhid dengan corak hitam dipadu kuning keemasan. (Ist)
Politikus senior Amien Rais merilis logo partai barunya, Partai Ummat. Logo tersebut diambil dari perisai tauhid dengan corak hitam dipadu kuning keemasan. (Ist)

"Setelah bermusyawarah panjang, kami akhirnya memutuskan bahwa logo Partai Ummat adalah Perisai Tauhid," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait