alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Persiapkan Pelonggaran PPKM Darurat, DIY Kebut Vaksinasi Pelaku Wisata

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Jum'at, 23 Juli 2021 | 19:41 WIB

Persiapkan Pelonggaran PPKM Darurat, DIY Kebut Vaksinasi Pelaku Wisata
Vaksinasi pelaku pariwisata dan industri kreatif DIY, Jumat (23/7/2021) - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Di DIY, vaksinasi sudah mencapai 1.036.072 orang atau 36,0 persen untuk dosis pertama.

SuaraJogja.id - Dinas Pariwisata (dinpar) DIY mempercepat vaksinasi Covid-9 bagi pelaku wisata di DIY. Percepatan ini dilakukan untuk menyiapkan sektor wisata sejak pelonggaran PPKM Darurat.

"Percepatan [vaksinasi] ini juga memberikan layanan rasa aman wisatawan yang ingin berkunjung ke jogja," ujar Kadinpar DIY Singgih Rahardjo disela vaksinasi 600 pelaku wisata dan ekonomi kreatif, Jumat (23/07/2021).

Menurut Singgih, percepatan vaksinasi juga akan membuat destinasi wisata dan pelaku pariwisata mampu meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung ke DIY. Sebab di masa pendemi ini wisatawan cenderung mengunjungi destinasi yang benar benar siap memenuhi protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Pelaku pariwisata pun memenuhi standar kesehatan yang memadai dengan menerima vaksin, sehingga pemulihan sektor pariwisat pasca PPKM Darurat pun bisa segera terealisasi.

Baca Juga: Terkendala Isoman, Penyaluran Bansos PPKM Darurat di DIY Dijadwal Ulang

Di DIY, berdasarkan data dari Buletin Germas.cov, vaksinasi sudah mencapai 1.036.072 orang atau 36,0 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 409.171 atau 14,2 persen.

"Walaupun vaksinasi telah dilakukan namun namun semua pelaku usaha wisata diharuskan tetap mematuhi protokol kesehatan karena hanya dengan cara ini kita dapat saling membantu dan menjaga dalam melewati tantangan di masa pendemi ini," tandasnya.

Singgih menambahkan, pihaknya belum mengetahui kapan sektor pariwisata DIY bisa kembali pulih pasca pembatasan mobilitas masyarakat yang diperpanjang. Semua tergantung dari tren kasus Covid-19 untuk beberapa waktu kedepan.

"Semua tergantung landainya yang terkonfirmasi corona. Dengan semangat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan maka [sektor pariwisata] bisa [pulih]," tandasnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Baca Juga: Pelaku Wisata di Pantai Depok Menjerit Imbas PPKM Level 4, Bayar Pegawai Saja Tak Sanggup

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait