alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terkendala Isoman, Penyaluran Bansos PPKM Darurat di DIY Dijadwal Ulang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Jum'at, 23 Juli 2021 | 17:43 WIB

Terkendala Isoman, Penyaluran Bansos PPKM Darurat di DIY Dijadwal Ulang
Ilustrasi Bantuan sosial tunai untuk warga. [ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra]

"Kita targetkan penyaluran di Kota Yogyakarta diharapkan dapat selesai pada 25 Juli 2021 mendatang."

SuaraJogja.id - Pemda DIY mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga terdampak PPKM Darurat. Penyaluran dilakukan Dinas Sosial (dinsos) kepada 127.400 warga penerima manfaat.

Penyaluran BST dilakukan bagi 7.755 Keluarga Penerima Manfaatkan(KPM). Namun sejak digulirkan pada Minggu (18/07/2021) kemarin, baru 2.891 KPM yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial (kemensos) ini.

Namun BST sejak disalurkan belum bisa menyasar 100 persen warga yang terdampak PPKM Darurat. Sebab ada sebagian warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Covid-19.

"Tapi kemungkinan tidak 100 persen [peneriman BST] karena banyak penerima bantuan yang melakukan isoman. Jadi akan kami jadwalkan ulang setelah masa isolasi mandiri selesai," ungkap Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) DIY Antonius Chrisna dalam wawancara virtual, Jumat (23/07/2021).

Baca Juga: Pelaku Wisata di Pantai Depok Menjerit Imbas PPKM Level 4, Bayar Pegawai Saja Tak Sanggup

Penjadwalan ulang penerimaan bansos tetap dilakukan agar semua warga yang tercatat menerima BST tetap mendapatkan haknya. Namun dipastikan identitas penerima sama dengan surat undangan. Hal ini dilakukan agar tidak ada penerima yang mendapat duplikasi bantuan.

"Kita targetkan penyaluran di Kota Yogyakarta diharapkan dapat selesai pada 25 Juli 2021 mendatang. Penyalurannya selektif dengan foto, ktp dan nomor handphone," paparnya.

Sementara Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih mengungkapkan penyaluran BST dilakukan secara bertahap di kantor kalurahan. Program BST bagi warga yang terdampak pandemi ini sebenarnya sudah diberikan awal tahun ini untuk periode Januari-April 2021 lalu. Namun bantuan tersebut sempat tidak diperpanjang untuk Mei dan Juni 2021.

Pasca penerapan PPKM Darurat, BST kembali digulirkan. Kemensos mengucurkan BST untuk Mei dan Juni 2021 yang diterimakan pada Juli 2021 ini.

Menurut Endang, penyaluran bansos dari Kementerian Sosial (kemensos) ini dilakukan bersama PT Pos Indonesia. Penerima mendapatkan Rp 600 ribu per orang ditambah beras sebanyak 10 kg.

Baca Juga: Titik Penyekatan di Bantul Ditambah, Simpang Empat Gose Ditutup 24 Jam

Penyaluran pertama dilakukan bagi warga di Kota Yogyakarta. Bila sudah selesai nantinya akan dilanjuktan ke empat kabupaten lain.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait