facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Heran Obama Lahap, Mie Lethek Kuliner Ndeso Khas Bantul Ternyata Seistimewa Ini

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Minggu, 08 Agustus 2021 | 08:40 WIB

Tak Heran Obama Lahap, Mie Lethek Kuliner Ndeso Khas Bantul Ternyata Seistimewa Ini
Ilustrasi mie lethek - (Suara.com/Rochmat)

Saat berkunjung ke Bantul, Obama dan keluarganya ketagihan melahap mie lethek.

SuaraJogja.id - Menduduki puncak kuliner Jogja menurut tingkat popularitas, gudeg tak melulu jadi satu-satunya buruan pendatang. Entah sudah banyak yang tahu atau belum, ada satu lagi makanan berat yang perlu dijajal saat berkunjung ke Jogja: mie lethek.

Bukan kuliner Jogja biasa, mie lethek punya penampilan yang jauh dari kesan menggiurkan. Namanya saja sudah merepresentasikan kesan yang bakal ditangkap dari menu ini.

Lethek, dalam bahasa Jawa, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti kotor, lusuh, kumal, kusam, dekil, dan segala sinonimnya. Pokoknya enggak banget penampakan mie lethek ini.

Memang dari luar mie lethek tak bisa dibandingkan dengan sajian resto mewah. Warna minya saja cokelat kusam, sudah begitu dicampur aduk berantakan dengan segala isian lainnya. Tomat ceri dibelah empat sebagai garnish pun sudah paling mentok untuk mempercantik mie lethek.

Baca Juga: Membedah Sejarah dan Mitos Plengkung Gading, Situs Sakral yang Kini Diberi Pagar

Tapi ingat kata pepatah "don't judge a book by its cover" alias jangan menilai isi buku dari sampulnya, cocok untuk mie lethek--apa yang dilihat mata belum tentu sesuai dengan yang dirasakan lidah.

Olahan mi khas Bantul ini memiliki cita rasa yang cukup nagih, apalagi yang doyan banget makanan khas orang Jawa, khususnya Jogja.

Cukup bayangkan dulu, mi dimasak dengan bumbu sederhana bawang putih, garam, kemiri, dan merica, lalu dilengkapi suwiran ayam kampung, telur bebek, juga sayuran; sawi atau kubis biasanya jadi pilihan paling umum.

Mie Lethek. (Shutterstock)
Mie Lethek. (Shutterstock)

Favorit Obama

Belum tergiur? Oke kalau begitu, sepertinya ulasan soal mie lethek bakal lebih mengundang banyak peminat jika ditulis Eks Presiden AS Barack Obama.

Baca Juga: Mengulik Asal-usul Tolpit Kue khas Bantul, Namanya Jorok tapi Rasanya Enak

Ya, sesuai tebakan yang membaca artikel ini, Obama memang penggemar berat mie lethek. Jangan salah, walaupun dari kalangan elite, Obama punya ruang istimewa untuk selera masakan "ndeso".

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait