alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perpanjangan PPKM hingga 2 Pekan, Pemkot Jelaskan Kondisi Kota Yogyakarta Saat Ini

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 21 September 2021 | 17:04 WIB

Perpanjangan PPKM hingga 2 Pekan, Pemkot Jelaskan Kondisi Kota Yogyakarta Saat Ini
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi memberi keterangan pada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, Balai Kota Yogyakarta, Senin (20/9/2021). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

tiap harinya Pemkot Yogyakarta melakukan evaluasi terhadap kasus sebaran Covid-19.

SuaraJogja.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tidak begitu keberatan dengan adanya perpanjang PPKM Level 3 di Jogja hingga dua pekan ke depan. Kondisi penyebaran kasus baru Covid-19 di Kota Jogja sendiri sudah turun drastis.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menerangkan bahwa tiap harinya Pemkot melakukan evaluasi terhadap kasus sebaran Covid-19.

"Perpanjangan PPKM 2 minggu itu tidak ada masalah bagi kami, karena tiap hari evaluasi tentang pertumbuhan kasus dan semua yang mempengaruhi epidemiologi ini bisa ditangani," terang Heroe ditemui wartawan di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).

Heroe menuturkan angka sebaran kasus Covid-19 per harinya rata-rata hanya 15 orang. Tingkat kesembuhan warga dari Covid-19 juga meningkat drastis.

Baca Juga: PPKM Jogja Turun Level 3, Heroe Minta Warung Makan dan Hotel Siapkan QR Code untuk Pembeli

"Seminggu terakhir ini penyebaran kasus cenderung turun terus, jadi sekarang sudah di bawah 15 orang (kasus baru)," terang dia.

Untuk kasus kematian, ujar Heroe angkanya juga turun, sehari hanya 2 jumlah kematian. Bahkan dalam sehari, kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta ini tidak ada sama sekali.

Heroe juga menjelaskan tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Jogja sudah relatif turun. Senin (14/9/2021) tercatat sekitar 18 persen.

"Keterisian BOR, sudah turun dibanding pekan kemarin. Saat ini kalau tidak salah hanya 15 persen saja," kata dia.

Turunnya kasus penyebaran  Covid-19 serta diperpanjangnya PPKM level 3 di Jogja hingga 2 pekan, juga memberi kelonggaran aktivitas warga di luar rumah. Namun begitu, Heroe menegaskan masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Penerapan PPKM Level 4 di Jogja Diprediksi Turun, Heroe Beri Pesan Ini

"Kita harapkan kemudian adanya pelonggaran pada aktivitas yang lain, jangan sampai mengabaikan aspek kehati-hatian. Jangan sampai mendapat penyebaran Covid-19 meluas lagi," minta Heroe.

Pembukaan destinasi wisata di Jogja yaitu Gembira Loka (GL) Zoo dan rencananya Malioboro yang akan segera dibuka sebagai lokasi pariwisata, Pemkot akan melakukan pemeriksaan acak.

"Pemeriksaan acak untuk pengendara yang masuk ke Jogja kami lakukan, nanti Polresta yang mengatur. Termasuk juga pengecekan warga di lokasi yang ramai," ujar dia.

Berdasarkan data corona.jogjakota.go.id per Senin (20/9/2021) jumlah kasus baru di Jogja tercatat 9 orang. Total kasus di Kota Pelajar tercatat 21.535 orang.

Jumlah pasien Covid-19 yang tengah menjalani pemulihan sekitar 238 orang dengan angka kesembuhan mencapai 43 orang. Angka kematian sendiri tercatat 2 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait