alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jogja Ingin Tuntaskan Vaksinasi Wilayah: Bisa Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Senin, 27 September 2021 | 20:56 WIB

Jogja Ingin Tuntaskan Vaksinasi Wilayah: Bisa Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19
Ilustrasi Covid-19 [Foto: Antara]

"Ketika seseorang belum divaksin, maka di dalam tubuhnya belum memiliki kemampuan untuk menangkis serangan Covid-19."

SuaraJogja.id - Pemkot Jogja ingin menuntaskan vaksinasi berbasis wilayah melalui RT dan RW. Sebab, sampai saat ini masih ada warga Kota Jogja yang belum divaksin.

Warga yang belum vaksin tersebut dikarenakan berbagai hal ada yang baru saja terkena Covid-19, ada juga yang ber-KTP Kota Jogja namun tidak tinggal di sini akibat sekolah maupun bekerja. Ada pula yang saat akan divaksin, kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk vaksin, misal tekanan darah, tetapi ada juga yang kurang informasi tentang vaksin sehingga belum ikut vaksin.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi menuturkan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, 90 persen dari orang yang meninggal akibat Covid-19 adalah mereka yang belum divaksin. Oleh karena itu, vaksin menjadi salah satu tolok ukur dalam ketahanan masyarakat terhadap serangan Covid-19.

“Ketika seseorang belum divaksin, maka di dalam tubuhnya belum memiliki kemampuan untuk menangkis serangan Covid-19, berbeda dengan yang sudah divaksin. Mereka (yang sudah vaksin) dalam tubuhnya telah memiliki kekebalan dan daya tangkal terhadap virus corona,” kata dia pada Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Cegah Kematian, Dokter Minta Pasien Jantung untuk Lakukan Vaksinasi COVID-19

Dia berharap agar warga masyarakat bisa saling mengingatkan tetangganya agar segera vaksin. Bila satu RT telah semuanya tervaksin yang kemudian diikuti oleh satu wilayah RW yang kemudian selanjutnya satu wilayah kota maka di masyarakat telah terbangun kekebalan komunal atau herd immunity karena semua warganya telah tervaksin.

“Kalau semua tetangga sudah vaksin maka hati kita akan tenang, tidak was-was dan bisa beraktivitas normal seperti sebelum pandemi,” ucapnya.

Di sisi lain, ia juga menegaskan walau di masa pandemi, pemuda tidak boleh berputus asa. Pemuda harus terus kreatif serta inovatif salah satunya membantu memajukan geliat pelaku UMKM di Kota Pelajar ini untuk terus eksis dan berkembang.

“Pemuda harus tetap semangat, walaupun dihadapkan dengan pandemi Covid-19 dan jangan pernah surut semangatnya dalam membangun negeri ini” katanya.

Adapun cakupan vaksinasi di Kota Jogja per 21 September 2021 ada sekitar 540 ribu warga di Kota Jogja yang telah menerima vaksin. Selain itu sekitar 234 ribu warga asal Kota Jogja sudah menerima vaksin, di mana target warga Kota Jogja yang harus tervaksin sekitar 340 ribuan.

Baca Juga: Kisah Penyesalan Pasien COVID-19, Dulu Tolak Vaksinasi Sekarang Dirawat di ICU

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait