alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Paguyuban Buntut Wedhos Bagikan Ratusan Paket Sembako

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:35 WIB

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Paguyuban Buntut Wedhos Bagikan Ratusan Paket Sembako
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memasukkan paket sembako ke dalam kronjot saat kegiatan bakti sosial di Pasar Dlingo pada Kamis (28/10/2021). - (SuaraJogja.id/HO-Humas Pemkab Bantul)

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh paguyuban Buntut Wedhos.

SuaraJogja.id - Puluhan pedagang kambing di Pasar Dlingo, Kabupaten Bantul yang tergabung dalam paguyuban Buntut Wedhos membagikan 150 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Itu dilakukan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sekaligus peringatan dua tahun berdirinya paguyuban.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengapresiasi kegiatan sosial yang dilakukan oleh paguyuban Buntut Wedhos. Menurutnya, ini menunjukkan warga Bantul masih memiliki semangat gotong royong.

"Ini merupakan wujud semangat gotong royong warga Bantul untuk saling menolong," ujar Halim kala menghadiri kegiatan itu di Pasar Dlingo, Kamis (28/10/2021).

Selain itu, pemerintah perlu peran aktif masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pasalnya, kemampuan pemerintah untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat juga terbatas.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Telkom Bangun High Throughput Satellite untuk Kedaulatan Digital

"Peran partisipatif masyarakat untuk saling gotong royong serta tolong menolong masih terus dibutuhkan karena kami punya sejumlah keterbatasan seperti anggaran maupun jumlah personel," tuturnya.

Permasalah kemiskinan di Bumi Projotamansari, lanjut dia, tidak bisa diselesaikan sendiri oleh Pemkab Bantul tanpa adanya kerja sama dari masyarakat.

"Saya berharap langkah Buntut Wedhos ini dapat konsisten berjalan terus, jangan berhenti," tambahnya.

Koordinator bakti sosial, Wahyu mengatakan ada 30 yang ikut grup Buntut Wedhos ini. Mereka menyisihkan sebagian pendapatannya hasil jualan kambing untuk diberikan sembako kepada yang membutuhkan.

"Hasil dari jualan kambing setiap minggu disisihkan untuk beli sembako," ujarnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda

Adapun jumlah paket sembako yang dibagikan sebanyak 150 paket. Pembagian sembako diantar menggunakan kronjot atau alat transportasi berdagang.

"Sembako kami antar pakai kronjot. Selain itu kami juga rutin menyalurkan bantuan setiap bulan," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait