facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Deras di Gunungkidul, Rumah Mbah Surip Roboh

Eleonora PEW Selasa, 02 November 2021 | 11:06 WIB

Hujan Deras di Gunungkidul, Rumah Mbah Surip Roboh
Rumah di Gunungkidul roboh karena hujan deras - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

Surip kebetulan saat itu memang berada di dalam rumah.

SuaraJogja.id - Hujan deras melanda kawasan Kabupaten Gunungkidul Senin (1/11/2021) sore kemarin mengakibatkan sebuah rumah roboh. Rumah milik Surip (75) warga Padukuhan Karanganom 1 , RT 03/ 04, Kalurahan Ngawis Kapanewon Karangmojo roboh karena dimakan usia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan hujan deras melanda kawasan Gunungkidul hampir merata. Senin sekitar pukul 15.30 WIB, rumah yang ditempati Nyonya Surip roboh karena terpaan hujan yang cukup deras.

"Rumahnya juga sudah lapuk. sehingga mudah roboh," tutur Edy Selasa (2/11/2021).

Menurut Edy, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Surip kebetulan saat itu memang berada di dalam rumah, tetapi tidak tertimpa reruntuhan bangunan.

Baca Juga: Banjir Rangkasbitung Mulai Surut, Warga Waspadai Hujan Dini Hari

Rumah yang ditinggali oleh Surip tergolong rumah dan sudah banyak yang rapuh. Hal ini wajar karena Surip sebetulnya adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sehingga tidak memikirkan untuk memperbaiki rumahnya.

"Hari ini warga akan bergotongroyong membersihkan puing-puing," tambahnya.

Sebelumnya, dua rumah di Padukuhan Kenteng, Kalurahan Kenteng, Kapanewon Ponjong rusak tertimpa dua pohon resan yang tumbang. Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (31/10/2021) malam memicu robohnya pohon yang sebelumnya disakralkan.

Dua rumah yang rusak tertimpa pohon tersebut masing-masing milik Wiji (51) dan Parwanto Setu (63). Beruntung dalam insiden ini, tak sampai ada korban jiwa maupun luka. Namun akibat kejadian tersebut dua penghuni mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Kapolsek Ponjong, Kompol Basuki Triyono membenarkan adanya musibah tersebut. Insiden ini terjadi sekitar pukul 23.30 WIB. Saat kejadian, penghuni rumah yang sedang beristirahat lantas dikagetkan dengan suara pohon ambruk. Saat dicek, pohon berukuran cukup besar itu menimpa sekaligus 2 rumah.

Baca Juga: Tak Terima Suami Dianiaya Gegara Pilur, Istri Laporkan Pelaku ke Polisi

"Adapun kedua rumah tersebut memang berjarak cukup berdekatan. Pohon yang tumbang sendiri terletak di bukit yang berada di belakang rumah kedua korban," terangnya, Senin (1/11/2021).

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait