facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer, Yuk Berburu Malam Ini

Pebriansyah Ariefana Minggu, 14 November 2021 | 13:11 WIB

5 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer, Yuk Berburu Malam Ini
Produksi tahu petis Bu Aning di panti asuhan Rumah Shalom Semarang. [suara.com/Dafi Yusuf]

Kurang lengkap jika berkunjung ke sebuah daerah tanpa mencoba makanan khas Jawa Tengah.

SuaraJogja.id - Jawa Tengah salah satu surga untuk wisata kuliner. Kurang lengkap jika berkunjung ke sebuah daerah tanpa mencoba makanan khas Jawa Tengah.

Makanan khas memiliki cita rasa tersendiri karena memiliki tradisi kuliner yang berbeda. Dari hal itu menjadi suatu pengalaman tersendiri bagi wisatawan untuk mencoba makanan tersebut.

Tak kalah menariknya, makanan khas Jawa Tengah memiliki cita rasa yang menggoda untuk dicicipi. Jawa Tengah dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang menyediakan variasi makanan khas yang memiliiki cita rasa yang enak yang wajib untuk dicicipi.

Lantas apa saja makanan khas Jawa Tengah yang wajib untuk dicicipi dan memiliki cita rasa yang menggoda? Berikut adalah makanan khas Jawa Tengah yang wajib untuk dinikmati:

Baca Juga: Koleksi 127 Medali Emas, Tuan Rumah Juara Umum Peparnas Papua

1. Nasi Gandul

Nasi gandul seringkali disebut seperti mirip semur. Namun yang khas adalah penyajian dengan daun pisang. Nasi gandul ini memiliki rasa yang gutih dan enak untuk dimakan. Nasi Gandul merupakan makanan khas Jawa Tengah khususnya berasal dari kota Pati.

2. Tahu Petis

Tahu petis menjadi salah satu andalan wisatawan saat berkunjung di Jawa Tengah. Tahu petis merupakan makanan olahan dari tahu yang sering dijadikan cemilan.

Bahan yang digunakan membuat tahu petis adalah tahu dan saus hitam atau dikenal dengan petis. Petis ini biasanya terbuat dari udang yang dimasak secara terus menerus hingga menjadi kental ataupun dari kuah rebusan ikan.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa, Mulai dari Gudeg hingga Lontong Balap

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet makanan yang sangat populer di kalangan wisatawan. Nasi Liwet biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan labu siam. Nasi Liwet banyak dijumpai di kota Solo.

4. Mie Ongklok

Makanan khas Jawa Tengah berikutnya adalah Mie Ongklok yang berasal dari Wonosobo. Ini sejenis mie rebus yang diracik menggunakan bahan seperti daun kuaci dan kol. Ia berbeda dari mie rebus lainnya. Kuah mie ongklok lebih kental dan cenderung manis.

Mie ongklok ini biasanya dimakan dengan tempe kemul, sate sapi maupun keripik tahu. Kenapa namanya mie ongklok? Karena proses pembuatannya, mie direbus dengan keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu yang dinamakan Ongklok.

5. Gethuk

Gethuk merupakan makanan khas Jawa Tengah yang memiliki bahan dasar dari singkong yang memiliki beragam warna yang menarik untuk dimakan. Ada berbagai macam gethuk di Jawa Tengah. Kota Magelang memiliki gethuk trio, sementara di Sokaraja, Banyumas ada gethuk goreng. Semuanya sama-sama enak.

Itu tadi daftar makanan khas Jawa Tengah. Ada yang Anda suka?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait