alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Ramai Jelang Nataru, Dispar DIY: Perlu Komitmen Bersama Antisipasi Lonjakan Covid

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 16 November 2021 | 17:50 WIB

Wisata Ramai Jelang Nataru, Dispar DIY: Perlu Komitmen Bersama Antisipasi Lonjakan Covid
Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Menurutnya, sektor pariwisata yang sudah dibuka secara bertahap hingga saat ini perlu dijaga dengan maksimal.

SuaraJogja.id - Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyatakan perlu komitmen bersama dalam mempertahankan kondisi kasus Covid-19 tetap melandai. Terlebih menjelang momentum libur natal dan tahun baru (nataru).

"Yang perlu mendapat perhatian adalah komitmen bersama itu. Saling mengingatkan, menguatkan untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif ini," kata Singgih saat dihubungi awak media, Selasa (16/11/2021).

Menurutnya, sektor pariwisata yang sudah dibuka secara bertahap hingga saat ini perlu dijaga dengan maksimal, sehingga tidak kembali tutup secara total akibat kasus yang melonjak.

"Sitik-sitik rapopo sik penting ora tutup (sedikit-sedikit nggak apa-apa yang penting tidak tutup), gitu kan ini harus dijaga. Kalau tutup itu kan sama sekali tidak ada pemasukan, situasinya sekarang kan semuanya sulit. Diperlukan komitmen, kemudian kesadaran bersama menjaga itu," tegasnya.

Baca Juga: Pencegahan Covid-19, Menkominfo Minta Masyarakat Kurangi Mobilitas di Libur Nataru

Disebutkan Singgih bahwa pihaknya juga tetap akan sejalan dengan aturan yang diberlakukan pemerintah pusat. Terlebih dalam kondisi ini mengenai penanganan Covid-19 di Indonesia.

Ia menilai bahwa pembukaan kembali sejumlah tempat wisata yang telah dilakukan bukan merupakan euforia yang berlebihan akibat kasus yang melandai. Melainkan sebagai uji coba membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di tengah masa-masa pandemi Covid-19.

"Jadi kalau sekarang ini kan bukan euforia kita karena sudah melandai dan sebagainya tapi ini menjadi bagian dari sebetulnya uji coba kita. Kalau kita lengah pasti nanti akan menimbulkan hal yang tidak kita inginkan. Saya tidak ingin itu," ucapnya.

Dispar DIY juga tidak bosan untuk mengingatkan semua pihak agar menjaga kondisi baik ini. Tidak hanya kepad semua instansi terkait khususnya Dinas Pariwisata di tiap kabupaten dan kota saja melainkan juga ke para wisatawan.

"Ayo kita jaga kondisi ini supaya lebih baik. Caranya itu dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Kalau kemudian kapasitas 25 persen ya harus kita patuhi. Kemudian sekarang ini syarat tidak boleh kerumunan atau aktivitas yang menimbulkan kerumunan juga tidak boleh," ungkapnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Jogja untuk Bulan Madu, Romantis dan Punya Pemandangan Bagus

Kewaspadaan dari semua pihak yang bisa menekan penyebaran virus corona itu sendiri. Baik dari tingkat kebijakan nasional hingga daerah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait