alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Glomerulus, Bagian dari Ginjal yang Menentukan Kehidupan Anda

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 03 Desember 2021 | 12:43 WIB

Fungsi Glomerulus, Bagian dari Ginjal yang Menentukan Kehidupan Anda
Ilustrasi ginjal / Fungsi Glomerulus (halodoc)

Berikut penjelasan lengkap fungsi glomerulus.

SuaraJogja.id - Glomerulus adalah organ yang berada di ginjal dan sangat penting dalam proses pembentukan urine. Glomerulus membantu tubuh untuk penyaringan cairan yang sekiranya masih dibutuhkan dan mana yang tidak perlu dibutuhkan. Berikut penjelasan lengkap fungsi glomerulus.

Cairan yang dibutuhkan ini akan dikembalikan ke ginjal dan diproses kembali untuk mencegah kekurangan cairan.

Untuk memproses cairan yang masuk hingga menjadi urine, ada beberapa proses yang terjadi dalam tubuh manusia yang dinamakan dengan proses ekskresi dan glomerulus merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang berperan dalam proses ekskresi tersebut.

Proses ekskresi pada tubuh manusia melalui 3 tahapan sebagai berikut:

Baca Juga: Jangan Sampai Kelebihan Vitamin D, Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

1. Filtrasi pada Glomerulus

Glomerulus merupakan sebuah jaringan kapiler yang dikelilingi striktur seperti cangkir yang disebut sebagai kapsul glomerulus (kapsul Bowman), tempat proses penyaringan atau filtrasi air dan zat lain dari aliran darah terjadi.

Filtrasi yang dihasilkan dari glomerulus akan menjadi filtrat glomerulus atau urin primer yang mengandung H2O dan zat-zat terlarut lainnya

Setelah proses filtrasi pada glomerulus selesai, maka selanjutnya akan terjadi filtrasi untuk memisahkan sel darah, protein, dan zat larut lainnya. Bagian ini akan memisahkan antara zat yang dapat bertahan di dalam aliran darah dengan zat yang akan melewati membran dan menjadi urin.

2. Proses Reabsorpsi

Baca Juga: 6 Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Perlu Diketahui dari Ekskresi hingga Mengatur Tekanan Darah

Zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh pada fase filtrasi sebelumnya akan diserap kembali atau direabsorpsi oleh tubuh untuk diserap kembali ke dalam aliran darah melalui dinding tabung kapiler yang berdekatan.

Proses ini terjadi di bagian tubulus kontortus proksimal dan lengkung henle. Hasil dari proses reabsorpsi ini akan menjadi urin sekunder.

3. Augmentasi

Tahapan terakhir merupakan tahap augmentasi di mana zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dibuang atau disekresikan. Tahap augmentasi terjadi di area tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus.

Sebagai informasi tambahan, urine terdiri dari 95 persen air dan 5 persen limbah di mana limbah tersebut bersifat nitrogen. Seluruh limbah seperti urea, kreatinin, amonia, dan asam urat akan dibuang melalui urin.

Selain itu, kandungan ion seperti natrium, kalium, dan kalsium juga akan dibuang melalui urine.

Nah, bagi kamu yang suka menahan untuk membuang air kecil, urine harus segera dikeluarkan untuk mencegah timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh zat-zat yang mengendap pada kantung kemih atau penampung urin dalam tubuh.

Selain itu, kamu juga tentunya harus rajin minum air setidaknya 8 gelas per hari untuk mendorong zat-zat berbahaya dalam tubuh.

Demikian fungsi Glomerulus. Kamu jangan lupa minum air putih yah.

Kontributor : Titi Sabanada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait