alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Jadikan Sister City, Dubes Ukraina Berkunjung ke Kota Jogja Temui Walkot

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Sabtu, 04 Desember 2021 | 10:53 WIB

Ingin Jadikan Sister City, Dubes Ukraina Berkunjung ke Kota Jogja Temui Walkot
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin (kanan) bertemu dengan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. - (SuaraJogja.id/HO-Pemkot Jogja)

"Kami tertarik sekali berkunjung ke Kota Jogja karena kota ini kaya akan budaya."

SuaraJogja.id - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin bertemu dengan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti. Dalam kesempatan tersebut, Dubes Ukraina menawarkan kerjasama antara Kota Jogja dengan Ukraina di bidang pendidikan, yakni melakukan pertukaran pelajar, pertukaran mahasiswa ataupun pertukaran guru.

Diketahui bahwa Ukraina juga memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan. Ukraina memiliki universitas besar yakni Kyiv, Kharkiv serta Odessa.

Keunggulan lainnya di Ukraina adalah unggul dalam teknologi seperti teknologi industri pertahanan, perkapalan serta industri logam.

Menurut Haryadi, Ukraina tahu dan paham tentang keunggulan Kota Jogja, khususnya di bidang pendidikan dan pariwisata. Sementara potensi Ukraina di industri juga bagus, memiliki industri pesawat Antonov dan truk Graz.

Baca Juga: PKL Malioboro Tolak Direlokasi, Wali Kota Jogja Berikan Pesan Ini

"Kami bersama-sama saling bekerja sama untuk memajukan kota agar lebih baik ke depannya," ungkapnya, Kamis (2/12) kemarin di Rumah Dinas Balaikota Jogja.

Haryadi menyampaikan, Dubes Ukraina ini baru satu bulan berada di Jakarta, tetapi ingin memperkenalkan Ukraina kepada masyarakat di Indonesia. Dari Kota Jogja, nantinya Dubes Ukraina melanjutkan perjalanan ke Kota Semarang.

"Kami sangat senang kedatangan Dubes Ukraina. Jika memang ingin mengetahui tentang keunggulan potensi yang ada di kota ini, banyak sekali wisata ataupun tempat pendidikan yang harus dikunjungi," ujarnya

Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengatakan, wali kota di Ukraina berharap adanya kemungkinan nantinya akan menjadi sister city dengan Kota Pelajar ini.

"Kami tertarik sekali berkunjung ke Kota Jogja karena kota ini kaya akan budaya seperti seni dan pendidikan tinggi, di mana universitas besar juga ada di sini," ujarnya.

Baca Juga: Bangkitkan Pariwisata, 27 Komunitas Seni di Kota Jogja Gelar Festival Budaya Prawirotaman

Ia berharap, nantinya Ukraina dan Kota Jogja bisa bekerjasama dengan baik dan menjalin komunikasi dengan baik. Baik dalam bidang pendidikan, ekonomi dan pariwisata.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait