alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Jaringan Saraf, Harus Dijaga Banget Biar Bisa Hidup

Pebriansyah Ariefana Kamis, 09 Desember 2021 | 16:21 WIB

Fungsi Jaringan Saraf, Harus Dijaga Banget Biar Bisa Hidup
ilustrasi sistem saraf pusat (neurological.org.nz)

Jaringan saraf merupakan salah satu jaringan dasar pembentuk tubuh manusia yang mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan fungsi-fungsi tubuh.

SuaraJogja.id - Sebelum jauh mengetahui tentang apa fungsi jaringan saraf, ada baiknya untuk mengetahui apa pengertian dari jaringan saraf itu sendiri. Jaringan saraf merupakan salah satu jaringan dasar pembentuk tubuh manusia yang mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan fungsi-fungsi tubuh yang diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Aktivitas tersebut mulai dari hal yang sederhana seperti membuka mata, hingga hal atau proses yang lebih kompleks yaitu berpikir atau penalaran, analisa dan sintesa maupun membuat kesimpulan dan memutuskan suatu masalah.

Dengan adanya sistem saraf membantu untuk menggerakan otot, merangsang kelenjar untuk bersekresi, dan mempengaruhi kerja sistem endokrin sehingga keseimbangan homeostasis badan dapat tercapai. 

Jaringan saraf tersebar diseluruh tubuh sebagai pembawa pesan atau jaringan komunikasi yang terintegrasi. 

Baca Juga: Waspada Penyakit ISPA di Musim Hujan, Ini Tips Jaga Kesehatan

Secara struktural, jaringan saraf terdiri atas dua jenis yaitu, sel saraf atau neuron dan sel penyokong. Sel saraf yang disebut neuron ini adalah sel yang membentuk sistem jaringan saraf. 

Fungsi Jaringan Saraf

Untuk melakukan aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam kesehariannya, merupakan salah satu fungsi dari jaringan saraf, dengan fungsi dasarnya untuk melakukan komunikasi karena di dalam neuron terdiri dari badan saraf untuk mengirimkan sinyal atau impuls ke otak yang akan direspon dalam sebuah gerakan atau penalaran.

Mengutip dari Cleveland Clinic, sistem saraf berfungsi memengaruhi setiap aspek tubuh, seperti :

1. Fungsi kognitif meliputi pikiran, ingatan, pembelajaran, dan perasaan.

Baca Juga: Kumpulan Penyakit Akibat Letusan Gunung Api dan Langkah Pencegahannya

2. Fungsi motorik, seperti gerakan dan koordinasi

3. Fungsi terkait sistem indera seperti, Melihat, menyentuh, mendengar, mencicipi, dan merasakan.

4. Pernapasan, termasuk ritme jantung dan frekuensi napas.

5. Respon terhadap situasi mendesak, stres, dan nyeri atau sakit.

6. Menjalankan proses pencernaan seperti menjalankan proses pencernaan, termasuk merasakan lapar, haus, dan kapan merasa kenyang.

7. Proses tubuh lainnya, seperti pubertas dan produksi hormon dalam sistem endokrin.

Cara Kerja Jaringan Saraf

Ketika tubuh menerima rangsangan, sel reseptor akan mengirim informasi ini dalam bentuk impuls berupa arus listrik yang akan diteruskan ke saraf sensorik. 

Kemudian, sinyal pesan tersebut dibawa ke otak untuk diterjemahkan. Dari otak, diperintah anggota gerak atau organ tubuh untuk merespon sesuai dengan pesan yang dibawa.

Rusaknya jaringan saraf di bagian tubuh tertentu akibat suatu penyakit atau proses penuaan yang mengakibatkan lumpuh atau terganggunya fungsi bagian tubuh tersebut. 

Dapat disimpulkan jaringan saraf berfungsi untuk mengkoordinasikan semua kegiatan anggota gerak, mengatur aktivitas organ dalam tubuh yang tidak disadari. 

Sistem saraf merupakan pusat kendali tubuh yang berfungsi menerima dan menafsirkan informasi, yang akan direspon oleh tubuh serta guna mengontrol respon.

Demikian bahasan soal fungsi jaringan syaraf. Jaga kesehatan yah.

Kontributor : Kiki Oktaliani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait