facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

TPST Piyungan Ditutup Tiga Hari, Timbunan Sampah di Kota Jogja Capai Seribu Ton

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Senin, 04 April 2022 | 18:57 WIB

TPST Piyungan Ditutup Tiga Hari, Timbunan Sampah di Kota Jogja Capai Seribu Ton
Suasana hari pertama penutupan TPST Piyungan, Kabupaten Bantul pada Jumat (18/3/2022). - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Pada Senin pagi, TPST Piyungan sudah kembali dibuka.

SuaraJogja.id - Ditutupnya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul berimbas juga ke Kota Jogja. Penutupan yang dilakukan sejak Jumat (1/4/2022) ini sedikitnya menimbun lebih kurang seribu ton sampah di Kota Pelajar.

"Ya kalau dihitung di setiap Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Jogja kira-kira sampai 1.000 ton," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto dihubungi wartawan, Senin (4/4/2022).

Pada Senin pagi, TPST Piyungan sudah kembali dibuka. Sejumlah truk dari berbagai TPS di jogja juga mulai mengirimkan ke Piyungan.

"Saat ini sudah dibuka lagi. Jadi petugas yang biasa kita terjunkan mengangkut sampah sudah kembali mengambil sampah," kata Sugeng

Baca Juga: Ada Perbaikan Aspal, Ruas Jalan Flyover Janti Ditutup Sementara Mulai Malam Ini

Ia tak menampik bahwa penutupan itu harus menghentikan aktivitas petugas pengangkut sampah yang ada di setiap rumah warga, sehingga warga harus menyimpan terlebih dulu sampah miliknya.

Ia mengatakan meski menjadi dilema ketika TPST Piyungan ditutup, beberapa solusi sudah diberikan DLH ke masyarakat. Mulai dari pengaktifan bank sampah dan teknik biopori sampah.

"Sejauh ini kami berupaya mencari terobosan untuk persoalan sampah yang ada di Kota Jogja. Membuat biopori di rumah masing-masing bisa dilakukan. Artinya ada upaya pengurangan atau pengelolaan sampah sebelum dibuang ke TPS terdekat," kata dia.

Meski belum mau menjelaskan detail dari hasil solusi yang diberikan itu, Sugeng berharap masyarakat bisa peduli dengan lingkungan sekitarnya.

"Ya harapannya kita melakukan hal-hal kecil agar produksi sampah terutama di level rumah tangga ini bisa ditekan. Maka dari itu kesadaran pengelolaan sampah ini harus baik di masyarakat," katanya.

Baca Juga: Buntut Tutup Tiga Hari, Pemda DIY Tutup Zona TPST Piyungan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait