facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kurang Minum Bisa Bikin Infeksi Saluran Kemih?, Perawat Ini Beberkan Penjelasannya

Muhammad Ilham Baktora Jum'at, 20 Mei 2022 | 19:54 WIB

Kurang Minum Bisa Bikin Infeksi Saluran Kemih?, Perawat Ini Beberkan Penjelasannya
Akibat dari Kurang Minum Air (Twitter/ @afrkml)

Kurang meminum air dapat menyebabkan adanya infeksi saluran kencing atau kemih. Gejala yang dirasakan adalah alat kelamin akan berasa seperti disayat-sayat.

SuaraJogja.id - Akun Twitter @afrkml bagikan utas edukasi mengenai bahaya dari kurang minum. Utas tersebut diunggah oleh seorang perawat ini pada Rabu (18/05/22) lalu. 

Pada awal utasnya, ia mengungkapkan jika kurang minum dapat membuat bakteri ataupun kuman yang ada di dalam kandung kemih sulit mengeluarkan mengeluarkan air kencing. Jika hal ini terjadi, maka akan terjadi infeksi.

"Tau enggak? Kurang minum atau kamu yang minumnya jarang-jarang bikin bakteri atau kuman apapun yang mungkin aja ada di kandung kemih jadi susah dikeluarin lewat kencing. Akhirnya numpuk di sana trus bisa infeksi," ungkap seorang perawat ini. 

Ia kemudian mengungkapkan jika terjadi infeksi di saluran kantong kemih atau ISK, maka orang yang mengalami penyakit tersebut akan merasakan sakit yang luar biasa ketika akan buang air kecil.

Baca Juga: 3 Kesalahan Buang Air Kecil: Bikin Wanita Rentan Mengalami Masalah Kandung Kemih, Hindari Hal Ini

"Kalau udah infeksi, kencing aja bisa perih. Rasanya kek kelaminmu disayat-sayat atau terbakar. Sebagian penderita mendeskripsikan infeksi saluran kemih dengan rasa perih seperti itu," jelasnya.

Selanjutnya, pria yang bernama Rizal ini mengungkapkan bahwa akibat yang ditimbulkan dari kurang minum air bukan hanya itu saja. Namun, kurang minum air dapat menyebabkan penumpukan kristal di kandung kemih. Adanya kristal-kristal tersebut bisa melukai kandung kemih dan menyebabkan air kencing berwarna kemerahan karena darah.

"Ga cuma itu aja, kurangnya minum air bikin kristal yg numpuk di kandung kemih jadi jarang dikeluarkan. Akhirnya bs terakumulasi membentuk batu yg dpt melukai kandung kemih. Pipismu jadi berdarah," jelas Rizal.

Selanjutnya, @afrkml memberikan penjelasan terkait dengan batu ginjal. 

"Batu ginjal terjadi karena zat pembentuk kristal terlalu banyak dari jumlah cairan pada urine sehingga mengendap dan membentuk batu lalu menyumbat saluran kemih. Makanya harus banyak minum air putih untuk ngebantu flush tuh kristal. Batu itu bs melukai ginjal & saluran kemih makanya sakit," ungkapnya.

Baca Juga: Waspada! Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi Bikin Tubuh Produksi Batu Saluran Kemih

Jika terjadi penumpukkan batu di saluran kemih yang menyebabkan penyumbatan saluran kencing, tindakan medis yang dapat dilakukan adalah memasukkan selang ke alat kelamin. Tindakan tersebut dilakukan agar air seni bisa keluar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait