facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkab Sleman Gelar Festival Jathilan, Danang: Ini Jadi Ruang untuk Regenerasi dan Melestarikan Seni Tradisi Khas Sleman

Galih Priatmojo Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:26 WIB

Pemkab Sleman Gelar Festival Jathilan, Danang: Ini Jadi Ruang untuk Regenerasi dan Melestarikan Seni Tradisi Khas Sleman
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa membuka secara simbolis Festival Jathilan Sleman 2022 di Gedung Kesenian Sleman. Foto ANTARA/HO-Humas Sleman

Festival Jathilan ini memberi ruang dan motivasi bagi seluruh pelaku kesenian jathilan untuk lebih berkreasi dan mengembangkan kesenian tradisional kuda kepang di Sleman

SuaraJogja.id - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Jathilan 2022 yang dibuka secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Gedung Kesenian Sleman, Sabtu.

Danang Maharsa mengatakan bahwa Festival Jathilan Sleman ini merupakan kegiatan yang membanggakan dan bermanfaat untuk pelestarian kesenian tari Jathilan di Sleman.

"Festival Jathilan ini memberikan ruang dan motivasi bagi seluruh pelaku kesenian jathilan untuk lebih berkreasi untuk lebih mengembangkan kesenian tradisional kuda kepang di Sleman," katanya.

Ia juga berharap grup jathilan yang akan tampil dapat melahirkan seniman-seniman muda yang dapat menjadi regenerasi sekaligus menjaga kelestarian seni tari jathilan di Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Sembilan Domba Positif PMK, Bupati Sleman Imbau Warga Tak Beli Ternak dari Luar Sleman

"Diharapkan kesenian jathilan dari Sleman memiliki ciri khas yang nantinya dapat memiliki hak paten. Saya berharap jathilan Sleman berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga nantinya memiliki hak paten dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Sleman tentunya," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Edy Winarya mengatakan Festival Jathilan Sleman Tahun 2022 diselenggarakan dalam rangka melestarikan dan mengembangkan potensi kebudayaan serta menyosialisasi tata nilai budaya melalui seni pertunjukan.

"Kegiatan ini didanai oleh dana keistimewaan DIY serta diikuti oleh 17 grup seni tari jathilan yang mewakili 17 kapanewon (kecamatan) di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan tujuan diselenggarakannya acara ini untuk menggali dan menjaring potensi seniman di masyarakat.

"Kegiatan ini juga sebagai wujud perhatian Pemkab Sleman terhadap kelestarian seni tradisional, " katanya.

Baca Juga: Enam Pasar di Sleman Ini Disiapkan Jadi Destinasi Wisata Alternatif

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait