Mampir Jenguk Buya Syafii, JK Hadiri Kongres Pancasila di UGM

Bangun Santoso
Mampir Jenguk Buya Syafii, JK Hadiri Kongres Pancasila di UGM
Wapres Jusuf Kalla jenguk Buya Syafii Maarif di Yogyakarta. (Foto: Dok. Setwapres)

Buya Syafii Maarif sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit karena operasi batu ginjal

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi pembicara utama dalam Konggres Pancasila di UGM, Kamis (15/8/2019). Dalam konggres XI ini, JK menyampaikan pidatonya bertajuk "Merajut Persatuan Indonesia".

Sebelum ke UGM, JK menyempatkan diri mengunjungi mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafii Maarif di rumahnya, Jalan Halmahera, Nogotirto 2, Gamping, Sleman sekitar pukul 08.00 WIB.

Kedatangan JK ke kediaman Buya Syafii Maarif untuk bersilaturrahim. Di mana sebelumnya, Buya Syafii sempat dirawat di rumah sakit dikarenakan operasi batu ginjal.

Wapres hadir di UGM sekitar pukul 08.50 WIB. Pengamanan penuh dilakukan di sekitar kawasan kampus. Selain anggota TNI dan Polri, satu panser disiapkan di Balairung UGM.

Konggres ini dilaksanakan dalam rangka merekatkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa yang sempat goyah karena perbedaan pandangan politik.

"Perbedaan pandangan yang sejatinya merupakan ilham demokrasi justru terjebak pada rivalitas tensi tinggi dan ancaman perpecahan," papar Kepala Pusat Studi Pancasila, papar Kepala Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Agus Wahyudi.

Diharapkan konggres ini menjadi penanda persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan demikian bangsa ini bisa menjaga utuh identitas negara yang bersumber pada Pancasila dan sebagai bangsa majemuk.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS