Gubernur DIY Sebut Bakal Ada Tol Jogja-Cilacap yang Akan Dibangun BUMN

Chandra Iswinarno
Gubernur DIY Sebut Bakal Ada Tol Jogja-Cilacap yang Akan Dibangun BUMN
Presiden Jokowi bersalaman dengan Gubernur DIY Sultan HBX di Bandara YIA pada Kamis (29/8/2019). [Suara.com/Julianto]

Jokowi kembali menandaskan, bahwa pembangunan tol dari pemerintah tidak melalui Bandara YIA karena hanya melalui Solo-Jogja-Borobudur dan Semarang.

Suara.com - Usai meninjau pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Presiden Jokowi mengungkapkan nantinya bandara baru tersebut akan terkoneksi dengan berbagai infrastruktur untuk menunjang konektivitas transportasi lainnya.

Jokowi mengatakan Bandara YIA akan terkoneksi dengan moda transportasi lain mulai dari kereta api ataupun kendaraan lainnya. Oleh karena itu, Bandara YIA akan terhubung dengan jalur kereta dan juga jalan tol.

Jokowi mengatakan kereta api harus sudah selesai pada Maret 2020 mendatang dan jalan tol akan segera menyusul setelah proyek kereta api Bandara selesai. Terkait dengan pembangunan jalan tol, menurut Jokowi hal itu merupakan tugas Gubernur DIY Sri Sultan HB X dengan kementerian PU PR. Pun Jokowi mengaku optimis pembangunan jalan tol tersebut akan selesai dilaksanakan sesuai dengan target yang direncanakan semula.

"Bandara Yogyakarta International Airport semuanya akan terkoneksi mulai dari jalan tol dan juga kereta api,"katanya Kamis (29/8/2019).

Salah satu hal yang paling penting menurut Jokowi mengenai tambahan slot penerbangan yang besar dan akan diberikan kepada penerbangan maskapai dari luar negeri. Sehingga, semakin banyak turis yang datang ke Indonesia khususnya ke Yogyakarta dan sekitarnya. Dan untuk menunjang kehadiran wisatawan mancanegara memang dibutuhkan konektivitas yang lebih lancar.

Sementara, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan terkait aksesibilitas yang memudahkan para penumpang untuk ke Bandara YIA, Sultan mengungkapkan belum dilakukan pembangunan. Meski begitu, pembangunanan kereta bandara saat ini tengah memasuki tahap lelang usai pembebasan lahan sedang berlangsung.

Sementara untuk jalan tol, Jokowi kembali menandaskan jika pembangunan tol dari pemerintah tidak melalui Yogyakarta International Airport karena hanya melalui Solo-Jogja-Borobudur dan Semarang.

Namun, menurut Sultan, nanti akan ada jalan tol dari Jogja ke Cilacap, harapannya dibangun oleh BUMN namun bukan program dari pemerintah.

"Jalan Tol Jogja Cilacap tersebut merupakan program lewat pemerintah namun inisiasi dari BUMN. Pemerintah sendiri hanya akan membangun jalan tol dari Jogja ke Solo," tutur Sultan usai mendampingi Jokowi.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS