Viral Karangan Bunga untuk Bupati Kulon Progo Sutedjo, Sindir Pendahulunya

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Viral Karangan Bunga untuk Bupati Kulon Progo Sutedjo, Sindir Pendahulunya
Satpam Pemkab Kulonprogo, Jamak Akhir, menunjukkan karangan bunga bernada sindiran yang kini telah diamankan di belakang Pemkab Kulon Progo, Kamis (7112019). - (Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara)

Pengirim mengatasnamakan dirinya sebagai "korban janji pendahulumu".

Suara.com - Satu papan karangan bunga pasca-pelantikan Bupati Kulon Progo Sutedjo mencuri perhatian publik.

Karangan bunga itu berjejer di antara puluhan lainnya yang memadati halaman Pemkab Kulon Progo, Kamis (7/11/2019).

Yang membuat karangan bunga itu berbeda adalah tulisan di papan tersebut -- tersemat kalimat bernada sindiran untuk pendahulu Sutedjo.

"Selamat dan Sukses. Jangan kau tanggung dosa pendahulumu. Putuskan mata rantai itu," bunyi tulisan berwarna-warni di atas papan kuning itu.

Tak hanya itu, pengirim juga mengatasnamakan dirinya sebagai "korban janji pendahulumu", seperti terbaca di papan bagian paling bawah.

Karangan bunga yang kini viral itu, kata sekuriti Pemkab Kulon Progo, sempat terpampang di halaman, tepatnya di sebelah barat Gedung Kaca.

"Saya lihatnya pas abis salat zuhur, sekitar pukul 12.00 WIB. Awalnya biasa aja, tapi pas dibaca kok gini kata-katanya, ya langsung saya amankan, kemudian laporan ke Bagian Rumah Tangga Pemkab Kulonprogo," kata Jamak, Kamis (7/11/2019) sore, dikutip dari HarianJogja.com.

Nama pengirim pun tak diketahui karena tanda bukti pengiriman tak disertakan dengan karangan bunga itu.

Namun, ada kertas kecil di balik papan yang berisi nama toko pembuat karangan bunga.

Melansir HarianJogja.com, toko tersebut berlokasi di Kecamatan Wates.

Fitri, sang pemilik, kemudian membenarkan bahwa karangan bunga itu berasal dari tokonya. Ia hanya menyebut bahwa pemesan adalah seorang pria, dan harga karangan bunga itu sebesar Rp400 ribu.

"Iya tadi itu ada orang ke sini, pesan bunga untuk dikirim ke pemkab, tapi orang itu enggak mau nyebut identitas. Orangnya biasa aja kok, penampilannya ya kaya mas-mas pada umumnya," ujar Fitri melalui sambungan telepon.

Diberitakan SuaraJogja.id sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo sebagai Bupati Kulon Progo di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (7/11/2019).

Sutedjo dilantik sebagai Bupati Kulon Progo untuk sisa masa jabatan 2019-2022, menggantikan Hasto Wardoyo, yang telah mengundurkan diri untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sejak 1 Juli 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS