Viral Foto Rel di Bawah Aspal Jalan Bantul, Mau Diaktifkan Lagi?

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Viral Foto Rel di Bawah Aspal Jalan Bantul, Mau Diaktifkan Lagi?
Bekas jalur rel kereta api di Jalan Bantul - (Twitter/@rasjawa)

Meski sudah berhenti beroperasi sejak 1973, hingga kini bangunan Stasiun Palbapang masih ada dan asli.

SuaraJogja.id - Sejumlah foto pembongkaran jalan di Yogyakarta tengah cukup ramai diperbincangkan di media sosial, khususnya Twitter.

Pasalnya, ada penampakan jalur rel kereta api yang sudah lama nonaktif di foto itu. Namun, meski sudah lama tertanam di bawah aspal, kondisinya masih bagus.

Pengguna akun @rasjawa mengunggah foto-foto itu ke Twitter pada Selasa (12/11/2019). Dari utas buatannya, ada enam foto yang ia unggah, yang menurut keterangannya, ia dapat dari pengguna akun Facebook Christian Haryo Bayu.

Dua foto di cuitan pertama memperlihatkan samar-samar rel kereta api, yang tentu saja posisinya lebih rendah dari aspal di kedua sisinya.

Jalur kereta api tersebut memanjang searah dengan jalan raya yang memendamnya, dengan posisi di tengah jalan.

"Eks rel kereta api nonaktif jalur Yogya - Bantul muncul kembali di permukaan setelah mengeruk aspal jalanan. Ini di daerah Bantul," cuit @rasjawa.

Bekas jalur rel kereta api di Jalan Bantul - (Twitter/@rasjawa)
Bekas jalur rel kereta api di Jalan Bantul - (Twitter/@rasjawa)

Dua foto berikutnya memperlihatkan detail pengerukan jalan, sementara yang dua terakhir makin memperjelas keberadaan rel di bawah jalan itu.

Warganet pun memberondong unggahan @rasjawa dengan berbagai komentar. Beberapa dari mereka menambahkan keterangan bahwa lokasi pengerukan itu di Jalan Bantul, salah satu ruas jalan yang menghubungkan Kota Jogja dengan Kabupaten Bantul.

Selain itu disebutkan, bekas jalur kereta api itu dulunya terhubung ke Stasiun Palbapang, yang hingga kini bangunannya masih ada dan asli, tetapi sudah berhenti beroperasi sejak 1973, lalu dipugar pada 1990 bersamaan dengan peresmian terminal bus Palbapang.

Tak sedikit pula dari puluhan warganet itu yang mengira-ngira bahwa rel tersebut akan dihidupkan lagi, meski isu reaktivasi Stasiun Palbapang sudah santer dibahas sejak 2017.

Sementara, banyak pula warganet lainnya yang menilai bahwa pengerukan ini hanya bertujuan untuk pelebaran jalan.

"Baru banget semester kemarin aku observasi ke stasiun yang sekarang jadi Terminal Palbapang. Sepanjang perjalanan dari kampus ke lokasi ada bekas jalur kereta api nonaktif, bahkan beberapa ada yang terletak di tengah permukiman penduduk," komentar @aliebilqis.

"Sudah mulai dibongkar to Mas? Bantul jadi bakal punya stasiun lagi ya?" tanya @antoniusbudisus.

"Itu aku yakin dikeruk karena pelebaran jalan, Kang. Di atas relnya sebelumnya ada separator jalan berbentuk taman yang ada pohonnya, terus dikeruk. Bekas rel yang di Jalan Jenderal Sudirman Bantul, selatannya persis lokasi ini, kemarin abis dikeruk gini juga trus diaspal lagi," tambah @bejo_junior.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS