Pendaftar Panwascam Bantul Minim, Bawaslu Bakal Perpanjang Waktu Rekrutmen

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Pendaftar Panwascam Bantul Minim, Bawaslu Bakal Perpanjang Waktu Rekrutmen
Anggota Bawaslu Bantul Bidang Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar-Lembaga Supardi memberi keterangan kepada wartawan di kantor Bupati Bantul, Senin (2/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Meski diperpanjang, Supardi memastikan, tes tertulis digelar pada 13 Desember 2019.

SuaraJogja.id - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bantul bakal memperpanjang pendaftaran panitia pengawas kecamatan (panwascam). Hal itu menyusul bahwa peminat masih tidak menyentuh jumlah target yang ditetapkan. Pendaftaran sendiri direncanakan akan ditutup pada Selasa (3/12/2019).

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada September 2020 mendatang, Bawaslu Kabupaten Bantul terus berupaya menyiapkan jalannya pemilihan tersebut. Salah satu hal yang menjadi sorotan Bawaslu, belum tercapainya target jumlah panwascam pada penyelenggaraan Pilkada tahun depan.

"Saat ini kami masih kekurangan tenaga pengawas yang akan bekerja pada Pilkada 2020 mendatang. Saat ini kami terus sosialisasikan untuk segera mencapai target yang direncanakan," kata anggota Bawaslu Bantul Bidang Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar-Lembaga Supardi kepada wartawan, Senin (2/12/2019).

Supardi mengungkapkan, hingga hari ini pihaknya telah menerima 40 pendaftar yang telah melengkapi syarat, sementara jumlah panwascam yang ditargetkan pada Pilkada 2020 sebanyak 51 orang. Namun, pihaknya berharap para pendaftar mencapai 102 orang untuk kebutuhan seleksi.

"Kebutuhan kami sebanyak 51 Panwascam, tetapi hingga hari ini belum memenuhi target, sehingga kami sosialisasikan kepada masyarakat lewat media sosial dan beberapa situs kami. Mereka [calon panwascam] bakal diseleksi, jadi setidaknya pendaftar harus dua kali lipat dari target awal," terangnya.

Supardi menjelaskan, masyarakat akan mendaftar di akhir-akhir batas waktu yang ditentukan [Selasa]. Namun jika memang pada Rabu (3/12/2019) kuota rekrutmen tak memenuhi target, Bawaslu bakal memperpanjang mulai Jumat (6/12/2019).

"Jika belum memenuhi target, pendaftaran kami buka pada Jumat hingga memenuhi sesuai kuota yang ditetapkan," jelasnya.

Meski diperpanjang, Supardi memastikan, tes tertulis tetap digelar pada 13 Desember 2019.

"Mereka bakal menjalani tes tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dilakukan pada 13 Desember. Meski diperpanjang [pendaftaran panwascam] tes tertulis tak berubah," tambah Supardi.

Panwascam nantinya disebar ke 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul. Setiap kecamatan bakal diisi oleh tiga panwascam yang bertugas mengawasi jalannya Pilkada 2020 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS