Hari Terakhir PBTY XV 2020, Coba Ramalan Kuno China di Rumah Tan Jin Sing

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Arendya Nariswari
Hari Terakhir PBTY XV 2020, Coba Ramalan Kuno China di Rumah Tan Jin Sing
Rumah Tan Jin Sing di kampung pecinan Ketandan. (Guideku/Arendya)

Tempat itu adalah rumah Tan Jin Sing, Bupati Yogyakarta keturunan Tionghoa di era Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) III.

SuaraJogja.id - Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 19.00 WIB. Masih banyak yang perlu kami telusuri di kampung pecinan Ketandan Yogyakarta selama Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) XV 2020, Selasa (4/2/2020) lalu.

Tercium semerbak aroma wangi dari jejeran stan kuliner yang menawarkan beragam santapan yang menggugah selera kami. Namun, langkah kami terhenti ketika tiba di depan sebuah bangunan putih megah dengan aksen kusen hijau muda cerah.

Tertulis jelas di atas bangunan, tempat itu adalah rumah Tan Jin Sing, Bupati Yogyakarta keturunan Tionghoa di era Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) III.

Berusia kurang lebih 230 tahun, dahulu rumah Tan Jin Sing bukanlah tempat tinggal, melainkan sebuah kantor dagang.

Dalam kesempatan kali ini, pengunjung PBTY XV 2020 dapat melihat langsung kemegahan dari rumah Tan Jin Sing. Di dalamnya terdapat kursi, meja, pernak-pernik tempo dulu, hingga batik motif peranakan yang begitu memikat.

Tak ketinggalan, di dalam rumah Tan Jin Sing pengunjung bisa mengajukan pertanyaan seputar peruntungan kepada dewa hingga melakukan ramalan I Ching.

I Ching diketahui merupakan teknik ramalan kuno dari China yang usianya sudah lebih dari 5.000 tahun lamanya. Bagi pengunjung yang ingin mencoba diramal, kalian bisa memilih beberapa meja dengan didampingi masing-masing seorang suhu.

Nantinya setelah diramal, kalian bisa berkonsultasi dan mendapatkan hasil yang tertulis di atas secarik kertas. Untuk mengetahui peruntungan dari ramalan ini, kalian akan dikenakan biaya donasi seikhlasnya.

Setelah puas mencoba ramalan kuno dari China ini, kalian juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang ruangan bergaya klasik di rumah Tan Jin Sing.

Karena sedikit banyak koleksi keramik yang mudah pecah, kalian wajib berhati-hati dan memperhatikan area sekeliling sebelum berpose, ya.

Sabtu (8/2/2020) ini merupakan hari terakhir PBTY XV 2020, yang sudah digelar sejak Minggu (2/2/2020) di kampung pecinan Ketandan. Jadi, tunggu apa lagi, travelers? Yuk, cicipi berbagai macam kuliner dan coba ramalan kuno dari China di PBTY XV 2020!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS