Iba ke Korban Pohon Tumbang Jalan Wates, Warganet Desak Respons Pemerintah

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Iba ke Korban Pohon Tumbang Jalan Wates, Warganet Desak Respons Pemerintah
Pohon tumbang di Jalan Wates KM 4, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Rabu (5/2/2020). - (Twitter/@LaLagilagi)

"Twitter do your magic! Mas Endi salah satu korban pohon tumbang di Jalan Wates Jogja, kehilangan anak pertama, istri harus menjalani pengobatan intensif di RS, motor hancur."

SuaraJogja.id - Pasangan suami-isrti (pasutri) muda Endi Yogananta (26) dan Israni Silvia Sujarman (25) membuat iba warganet setelah keduanya harus merelakan bayi pertama yang sudah mereka nanti-nantikan, akibat pohon tumbang di Jalan Wates KM 4, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Rabu (5/2/2020).

Warganet pun mendesak pemerintah supaya menindaklanjuti musibah yang menimpa Endi-Silvi dan turut memberi bantuan pada keduanya. Desakan itu disampaikan pengguna akun Twitter @LaLagilagi pada Minggu (9/2/2020).

Ia mengungkapkan secara singkat bencana yang baru saja mendera keluarga kecil Endi-Silvi. Disebutkan, pasutri ini baru saja kehilangan bayi dalam kandungan Silvi setelah pohon yang ambruk menimpa mereka.

Selain itu, saat ini, dengan biaya pribadi, Endi harus menanggung beban biaya rumah sakit untuk perawatan intensif istrinya. Belum lagi, sepeda motor yang mereka kendarai di saat kejadian juga hancur.

Akun @LaLagilagi kemudian meminta pemerintah untuk ikut membantu Endi melunasi biaya administrasi pascakejadian.

"Twitter do your magic! Mas Endi salah satu korban pohon tumbang di Jalan Wates Jogja, kehilangan anak pertama - istri harus menjalani pengobatan intensif di RS - motor hancur, tapi sampai sekarang biaya RS menggunakan dana pribadi. Mohon dinas + lembaga terkait membantu administrasi," kicau @LaLagilagi.

"Sebenarnya dari pihak Mas Endi sudah mengikhlaskan, tapi untuk ke depan enggak pengin ada lagi kelalaian dan ngerusak segalanya seperti ini, karena ternyata beberapa hari sebelum kejadian pohon sudah mulai miring dan video tersebar di socmed, tapi belum ada tindak lanjut," imbuhnya.

Dalam waktu singkat, twit ini telah banyak di-retweet warganet hingga mencapai angka sembilan ribu. Banyak juga dari mereka yang berharap adanya kantong donasi untuk Endi dan Silvi.

Warganet iba pada korban pohon tumbang Jalan Wates Endi-Silvi. - (Twitter/@LaLagilagi)
Warganet iba pada korban pohon tumbang Jalan Wates Endi-Silvi. - (Twitter/@LaLagilagi)

"Innalillahi. Aku bantu retweet ya, Kak. Semoga ada penanganan lebih lanjut dari pihak terkait," komentar @goywashere.

"Adakah yang bisa membuka donasi Kita Bisa? Saya tidak tega melihat adik bayi yang sudah terbujur kaku ini," tambah @ADemiawansyah.

"Hatiku hancur banget baca ini," ungkap @Salmakurniaa.

Diberitakan SuaraJogja.id sebelumnya, sebatang pohon sonokeling ambruk di Jalan Wates KM 4, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Rabu (5/2/2020). Kapolsek Gamping Kompol Sudaryo menjelaskan, terdapat enam korban yang ada saat pohon tersebut tumbang.

Sepasang suami-istri Endi Yogananta (26) dan Israni Silvia Sujarman (25), yang juga menjadi korban dalam kejadian ini, lantas terpaksa kehilangan calon anaknya yang tengah berusia 8 bulan di dalam kandungan.

"Istri saya tengah hamil 8 bulan. Saat tertimpa, istri mengatakan sakit. Saya yang tidak tertimpa, langsung menolong istri dan mengangkat dari jalanan. Saya juga dibantu warga sekitar karena posisi istri saya terkepung dahan dan ranting pohon," kata Endi, ditemui di RS PKU Muhammadiyah, Minggu.

Mengetahui Silvi hamil besar, pihak rumah sakit, kata Endi, langsung melakukan persalinan dengan jalan opersai sesar. Namun sayang, kemungkinan bayi Endi-Silvi untuk bertahan hidup sangat kecil, terlebih Silvi mengalami pendarahan saat kejadian.

Endi mengatakan, bayinya dengan Silvi, yang telah diberi nama Pradibta Kenzo Yoshfia, didiagnosis mendapat benturan di bagian kepala. Di sisi lain, karena Silvi mengalami pendarahan saat kejadian, sang bayi pun diduga juga meminum darah. Di hari itu juga Kenzo kemudian dimakamkan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS