Wakil Bupati Gunungkidul Daftar ke Golkar untuk Maju Pilkada 2020

Galih Priatmojo
Wakil Bupati Gunungkidul Daftar ke Golkar untuk Maju Pilkada 2020
Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengambil formulir pendaftaran bakal calon untuk maju di Pilkada Gunungkidul 2020 lewat partai Golkar, Jumat (14/2/2020). [Julianto / Kontributor]

Sebelumnya sudah ada komunikasi antara PAN dengan Golkar sebelum ia memutuskan untuk mendaftar melalui partai berlambang pohon beringin itu

SuaraJogja.id - Sambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati di Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Gunungkidul. Partai berlambang Pohon Beringin ini akan mulai melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati hingga hari Sabtu (15/2/2020) besok.

Immawan menuturkan, berdasarkan informasi yang ia dapat menyatakan bahwa DPD Partai Golkar membuka peluang kepada siapa saja yang ingin menjadi cabup ataupun cawabup Pilkada 2020, maka dirinya datang ke kantor DPD Partai Golkar. Ia ditemani oleh Fungsionaris Partai Amanat Nasional (PAN) ketika mengambil formulir tersebut.

"Ini sudah sesuai restu dari ketua DPD PAN Gunungkidul," tutur Immawan, Jum'at (15/2/2020) usai mengambil berkas formulir pendaftaran.

Selain dengan Partai Golkar, Immawan mengaku juga melakukan komunikasi dengan partai yang lain. Sebab komunikasi tersebut merupakan ruh dari kehidupan politik yang sehat. Sehingga ketika komunikasi bisa dilaksanakan dengan baik dalam kondisi apapun maka Pilkada apapun akan dilaksanakan seperti tahun 2014 lalu yang aman, nyaman dan tenteram.

Menurutnya, komunikasi tidak selalu dalam framing koalisi ataupun formula koalisi tetapi memang sepenuhnya memikirkan bagaimana Pilkada 2020 nanti disongsong dengan sebaik-baiknya. Namun demikian, ia menandaskan jika partainya bernaung, PAN harus berkoalisi dalam menyambut Pilkada 2020 di Gunungkidul nanti.

"Untuk berkoalisi tentunya PAN tidak boleh tidak memang harus berkoalisi,"tambahnya.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Partai secara kelembagaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN dan DPD Partai Golkar sudah bertemu. Dan ia berharap pertemuan tersebut akan berlanjut dengan adanya koalisi yang lebih fungsional. Karena saat ini koalisi baru tataran kelembagaan formal.

Koalisi yang dimaksud Immawan adalah konstetansi secara bersama-sama ada calon dari PAN dan ada calon dari Partai Golkar secara bersama-sama diusung dalam Pilkada. Ia menandaskan jika ia mendaftar tersebut atas restu atau 'perintah' dari Partai sendiri.

"Saya sebenarnya ingin Gunungkidul 1 tetapi tidak boleh sehingga ini dalam rangka Gunungkidul 2. Karena Gunungkidul 2 itu nyaman tidak punya masalah,"ungkapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Gunungkidul mengatakan pihaknya memberi kesempatan terhadap masyarakat yang ingin mendaftar balon bupati ataupun wakil bupati mulai hari Kamis (13/2/2020) dan akan ditutup Sabtu (15/2/2020). Hingga hari Jum'at ini, sudah lebih dari 5 tokoh yang mengambil formulir.

"Yang mengambil sudah lebih dari 5 orang. Tetapi belum ada yang mengembalikan,"tuturnya.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS