Prakiraan Cuaca Jogja Hari Ini Selasa 24 Maret 2020

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Prakiraan Cuaca Jogja Hari Ini Selasa 24 Maret 2020
Ilustrasi hujan disertai petir. [Shutterstock]

Hujan lebat serta hujan petir akan mengguyur wilayah DIY Selasa, 24 Maret 2020 siang.

SuaraJogja.id - Hujan lebat dan hujan petir akan mengguyur wilayah DIY pada Selasa (24/3/2020) siang. Kondisi cuaca ini dijabarkan melalui prakiraan cuaca Jogja hari ini Selasa, 24 Maret 2020 menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi (BMKG Staklim) Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Di seluruh Kota Yogyakarta, cuaca pada Selasa pagi yang semula cerah berawan akan berubah menjadi berawan pada sekitar pukul 10.00 WIB, kemudian hujan lebat pada skeitar pukul 13.00 WIB sampai sekitar pukul 16.00 WIB. Pada pukul 19.00 WIB, hujan akan mereda menjadi hujan lokal, lalu tinggal berawan pada sekitar pukul 22.00 WIB, dan cerah berawan setelahnya sampai Rabu (25/3/2020) pagi.

Sedikit berbeda dari Jogja, hujan yang akan mengguyur Kabupaten Sleman diprediksi disertai petir. Cuaca pada pagi hari hingga sekitar pukul 10.00 WIB di beberapa wilayah akan didominasi cerah berawan dan berawan tebal, kecuali Kecamatan Minggir, di mana hujan lokal akan mulai turun pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada sekitar pukul 13.00 WIB beberapa kecamatan akan mulai mengalami hujan lebat: Berbah, Gamping, Godean, Kalasan, dan Prambanan. Sementara, kecamatan lainnya hujan petir. Pada sekitar pukul 16.00 WIB hujan lebat maupun hujan petir diperkirakan mereda menjadi hujan lokal di sebagian wilayah Sleman di luar Cangkringan, Depok, Gamping, Godean, Minggir, Ngaglik, Ngamplak, dan Pakem.

Kemudian pada sekitar pukul 19.00 WIB, di seluruh Sleman sama-sama terjadi hujan lokal, lalu berawan pada sekitar pukul 22.00 WIB, dan rata-rata cerah berawan hingga Rabu pagi meski ada beberapa wilayah yang cuacanya berawan, udara kabur, atau kabut.

Ketika di Jogja hujan lebat dan sebagian besar Sleman hujan petir, beberapa kecamatan di Kabupaten Gunungkidul diperkirakan hujan lebat. Sebelum itu, hujan lokal akan mulai turun pada sekitar pukul 10.00 WIB di Girisubo, Panggang, Purwosari, Saptosari, Tanjungsari, dan Tepus.

Lama kelamaan hujan yang turun makin deras. Wilayah yang akan diguyur hujan lebat pada sekitar pukul 13.00 WIB adalah Karangmojo, Ngawen, Paliyan, Patuk, Ponjong, Rongkop, dan Semin, sedangkan Panggang, Purwosari, dan Saptosari hujan sedang, sementara sisanya hujan lokal.

Namun, hingga sekitar pukul 16.00 WIB diprediksi hujan lebat masih turun membasahi Gunungkidul, di antaranya di Gedangsari, Nglipar, Paliyan, Playen, Semanu, dan Wonosari. Setelah itu pada sekitar pukul 19.00 WIB Girisubo, Panggang, Purwosari, Saptosari, Tanjungsari, dan Tepus berawan; yang lainnya hujan lokal. Pada Rabu dini hari sampai pagi, cuaca bervariasi di setiap kecamatan, antara cerah berawan, berawan, udara kabur, dan kabut.

Untuk Kabupaten Bantul, diperkirakan hujan lokal akan mulai mengguyur Bambanglipuro, Kretek, Sanden, dan Srandakan pada sekitar pukul 10.00 WIB. Pada sekitar pukul 13.00 WIB, hujan lokal di keempat wilayah itu berkembang menjadi hujan sedang, sementara wilayah lainnya langsung hujan lebat.

Hujan masih akan mengguyur sampai sekitar pukul 16.00 WIB dengan intensitas yang bervariasi -- hujan lokal di Banguntapan, Piyungan, dan Pleret; hujan di Bambanglipuro, Kretek, Sanden, dan Srandakan; hujan sedang di Bantul, Imogiri, Jetis, Pajangan, Pandak, dan Pundong; serta hujan lebat di kecamatan yang lain.

Hingga sekitar pukul 19.00 WIB, sejumlah wilayah masih diguyur hujan, tetapi hanya hujan lokal, antara lain di Banguntapan, Dlingo, Kasihan, Piyungan, Pleret, Sedayu, dan Sewon, sementara wilayah lainnya tingga berawan. Pada Selasa malam hingga Rabu pagi, cuaca bervariasi di masing-masing kecamatan, yakni cerah berawan, berawan, udara kabur, hingga kabut.

Terakhir, di Kabupaten Kulon Progo, hujan lokal diperkirakan akan turun di Galur, Kalibawang, Lendah, dan Samigaluh mulai sekitar pukul 10.00 WIB. Lalu pada sekitar pukul 13.00 WIB, Girimulyo, Kalibawang, Nanggulan, Samigaluh akan diguyur hujan petir, sementara yang lainnya hujan sedang.

Pada sekitar pukul 16.00 WIB, hujan petir masih bertahan di Kalibawang dan Samigaluh, sementara kecamatan lainnya hujan saja, kecuali Girimulyo dan Nanggulan, di mana terjadi hujan lokal. Lalu pada sekitar pukul 19.00 WIB hampir semua wilayah Kulon Progo hujan lokal, hanya Galur dan Lendah yang berawan tanpa hujan.

Sama seperti kabupaten yang lain, di malam hari sampai Rabu pagi, cuaca bervariasi antara cerah berawan, berawan, udara kabur, dan kabut. Namun, cuaca cerah berawan diprediksi mendominasi wilayah Kulon Progo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS