facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Isu Pasien Positif Corona Kabur, Ini Respons RSUD Panembahan Senopati

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Minggu, 29 Maret 2020 | 21:10 WIB

Heboh Isu Pasien Positif Corona Kabur, Ini Respons RSUD Panembahan Senopati
RSUD Panembahan Senopati Bantul, DIY - (ANTARA/Hery Sidik)

Pesan itu menyebutkan bahwa polisi mengabarkan, ada pasien yang positif terjangkit virus corona SARS-CoV-2 kabur dari rumah sakit.

SuaraJogja.id - Kabar tentang kaburnya pasien yang dinyatakan positif COVID-19 kembali mengejutkan warganet di media sosial dan aplikasi komunikasi daring WhatsApp. Seorang pengguna akun Twitter pun menanyakan kebenaran dari kabar tersebut.

Dari pesan yang sudah tersebar itu disebutkan bahwa polisi mengabarkan, ada pasien yang positif terjangkit virus corona SARS-CoV-2 kabur dari rumah sakit. Di pesan tersebut ditulis pula identitas dan alamat pasien.

""Mhn ijin informasi dari polsek baru saja bahwa pasien positif dari RS panembahan senopati melarikan diri dari RS mhn berhati hati kalau kontak dg orang tsb. Psien brnama Martadi alamat manggung RT 07 wukirsari imogiri mhn lebih waspada." Leres mboten [betul tidak]? @humas_jogja," kicau @adika_elnino, Minggu (29/3/2020).

Hoaks pasien positif COVID-19 kabur dari RSUD Panembahan Senopati Bantul - (Twitter/@adika_elnino)
Hoaks pasien positif COVID-19 kabur dari RSUD Panembahan Senopati Bantul - (Twitter/@adika_elnino)

Tak hanya ke akun resmi Pemda DIY, @adika_elnino juga me-mention akun resmi @PusdalopsBantul dan akun @kominfobantul pada cuitan berikutnya, sembari kembali menanyakan, "Leres mboten nggih menika [betul enggak ya itu]?"

Baca Juga: Kota Bogor Siap Berlakukan Lockdown, Ini Rencana Skemanya

Tak banyak warganet yang memberikan respons. Hanya saja, ada satu petunjuk dari warganet soal kebenaran di balik informasi tersebut. Dalam twit balasannya pada @adika_elnino, pengguna akun @ismail_fhm memberikan tangkapan layar unggahan storu akun Instagram @rsudps milik RSUD Panembahan Senoati Bantul.

Story tersebut berisi tanggapan pihak rumah sakit terkait kabar kaburnya pasien positif COVID-19 itu. Melalui story yang diunggah di wkatu yang tak jauh berbeda dari cuitan @adika_elnino itu, @rsudps menegaskan bahwa informasi tersebut hoaks alias tidak benar.

"Jika ada pesan berantai melalui WhatsApp berbunyi "Mhn ijin informasi dari polsek baru saja bahwa pasien positif dari RS panembahan senopati melarikan diri dari RS mhn berhati hati kalau kontak dg orang tsb. Psien brnama Martadi alamat manggung RT 07 wukirsari imogiri mhn lebih waspada," itu adalah HOAX," tulis @rsudps.

Hoaks pasien positif COVID-19 kabur dari RSUD Panembahan Senopati Bantul - (Instagram/@rsudps)
Hoaks pasien positif COVID-19 kabur dari RSUD Panembahan Senopati Bantul - (Instagram/@rsudps)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait