Presiden Jokowi Unggah Gambar saat Salat, Netizen: Itu Salah Kiblat

Galih Priatmojo
Presiden Jokowi Unggah Gambar saat Salat, Netizen: Itu Salah Kiblat
ilustrasi saat Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Al Karomah Martapura Kalimantan Selatan, Kamis (24/9).

Netizen menyoroti gambar yang diunggah Presiden Jokowi di sosial media.

SuaraJogja.id - Demi untuk menekan penyebaran Covid-19, pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi secara berkala terus mengingatkan pentingnya kedisiplinan diri. Hal ini seperti yang disampaikan lewat unggahan di sosial media beberapa waktu lalu.

Dalam unggahan, Jokowi meminta agar masyarakat tak boleh lengah dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap mencuci tangan, menjaga jarak, termasuk menghindari keramaian.

"Kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan kita. Disiplin untuk mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker dan menghindari keramaian," tulisnya.

Tetapi tak sedikit dari para netizen yang justru salah fokus dengan unggahan tersebut. Beberapa netizen justru fokus melihat gambar sketsa kartun yang menyertai imbauan Jokowi tersebut.

Dalam gambar tersebut terlihat seseorang yang tampak tengah melaksanakan ibadah salat. Tetapi beberapa netizen menyorot arah salatnya yang dinilai salah kiblat.

Presiden Jokowi mengunggah gambar seseorang sedang salat yang kemudian dikritik oleh netizen. [@jokowi / Twitter]
Presiden Jokowi mengunggah gambar seseorang sedang salat yang kemudian dikritik oleh netizen. [@jokowi / Twitter]

Sejumlah netizen yang melihat bahwa gambar tersebut representasi dari Jokowi kemudian melontarkan kritikannya yang mengaitkannya dengan penanganan pandemi Covid-19.

"Kiblat wae bingung opo maneh langkah penanganan pandemi," kata @projotamansaru.

"Mendingan gambar orang salat ini diganti saja min. Digambar ini seperti ada orang lagi salat ashar tapi sepertinya arah salatnya tidak tepat menghadap kiblat ini," ungkap @ndrewwolf.

"Maaf pak apakah gambar ini melihat di jam dinding maksudnya adalah waktu salat ashar? Kalo salat ashar dan berlokasi di Indonesia maka melihat jatuhnya bayangan dari jendela itu artinya orang salat dalam gambar teresbut menghadap selatan," jelas @Jo_suhary.

"Bapak jangan dengarkan kata haters. Salat pak Jokowi mah bebas kemana aja ngga harus ke kiblat. Yang penting konten tayang," tulis @Hrtoyosujadmiko.

"Parah ni tim kreatip pak Jokowi. Masa pak presiden digambarkan sembahyang menghadap ke Selatan. Arah ka'bah itu di Indonesia ke Barat searah dengan arah pantulan bayangan sinar dari jendela. Buka ke arah selatan," tukas @AbdlRachim12.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS