Viral Pasien Diduga Covid-19 Kabur di Jogja, Ini Penjelasan Gugus Tugas

M Nurhadi | Muhammad Ilham Baktora
Viral Pasien Diduga Covid-19 Kabur di Jogja, Ini Penjelasan Gugus Tugas
Viral petugas bingung cari pasien virus corona kabur dari rumah sakit (Twitter)

"Apakah itu terkait Covid-19 yang konfirmasi positif itu masih ditelusuri," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Heroe Poerwadi.

SuaraJogja.id - Sebuah video yang tersebar di media sosial menggegerkan warganet. Dalam video yang viral tersebut, seorang warga yang diduga positif Covid-19 dikabarkan kabur dan keluyuran di Yogyakarta.

Sejumlah petugas dikabarkan mencari pasien tersebut lengkap dengan seragam hazmat di Jalan Sorogenen, Nitikan, Umbulharjo dan Jalan Kyai Mojo, Tegalrejo.

Mengetahui hal ini, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan, pihaknya masih menelusuri kebenaran terhadap kejadian tersebut.

"Saat ini kami sedang telusuri kebenaran dan keberadaannya dan kasusnya seperti apa. Apakah memang ada pasien yang konfirmasi seperti tersebut atau yang sedang dicari-cari dan berkeliaran diluar," kata pria yang juga menjabat Wakil Walikota Yogyakarta itu saat dihubungi wartawan, Kamis (21/5/2020) petang.

Heroe mengatakan, ia bersama tim terkait telah memeriksa RSUD Yogayakarta. Seluruh pasien saat ini berada di rumah sakit dan tidak ada yang keluar.

"Artinya terkondisi aman di dalam kamarnya masing-masing. Dengan demikian sudah memastikan bahwa jika memang benar ada pasien yang keluar dan dikejar, itu bukan dari RSUD Yogyakarta," terang dia.

Ia sendiri, saat ini belum bisa memastikan terkait adanya informasi yang beredar bahwa orang yang diduga kabur tersebutmerupakan pasien  positif Covid-19.

"Apakah itu terkait Covid-19 yang konfirmasi positif itu masih ditelusuri," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Humas RSUD Yogyakarta, Imaculada membantah adanya pasien positif Covid-19 yang kabur dari RSUD Yogyakarta.

"Terkait video yang beredar di masyarakat tentang informasi pasien Covid-19 yang kabur dari RSUD Kota Yogakarta, kami pastikan bahwa itu tidak benar dan bukan pasien dari RSUD Kota Yogyakarta," kata Ima melalui pesan singkat.

Dari pantauan SuaraJogja.id, di lokasi Jalan Kyai Mojo, Tegalrejo sempat terjadi kerumunan. Seorang warga setempat, Faisal (20) menjelaskan, pada pukul 16.00 WIB, seorang petugas ber-APD lengkap menanyakan perihal keberadaan orang yang diduga positif Covid-19.

"Saya baru memarkirkan kendaraan di sekitar minimarket dan langsung ditanyai petugas. Apakah saya melihat seorang pria berbaju merah dengan celana jeans, berambut panjang sebahu melintas di jalan ini? Karena saya baru datang, saya jawab tidak ada. Tapi, memang tadi sempat ramai, ada ambulan dan petugas mengenakan baju hazmat," katanya.

Seorang tukang parkir di jalan setempat, Sugeng (38) membenarkan adanya petugas ber-APD lengkap sedang mencari pasien yang diduga positif virus corona yang kabur di wilayah Jalan Kyai Mojo.

"Iya dia sempat bertanya kepada saya sedang mencari orang dengan ciri-ciri berpakaian merah, bercelana jeans dan berambut panjang. Kata petugas, pasien itu positif Corona dan kabur ke Jalan Kyai Mojo," jelas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS